Pendidikan

FST UIN Sunan Ampel Surabaya Kembali Gelar Expo Campus

Senin, 25 April 2022 - 09:48 | 70.08k
Lead of Experience Codex Telkom, Rizal N. Sagara. (FOTO: Dok. UIN Sunan Ampel Surabaya)
Lead of Experience Codex Telkom, Rizal N. Sagara. (FOTO: Dok. UIN Sunan Ampel Surabaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri atau UIN Sunan Ampel Surabaya kembali menggelar Expo Campus. Pengenalan kampus dan penjelasan mengenai job career ini diselenggarakan melalui Zoom Meeting.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan FST UIN Sunan Ampel Surabaya kepada calon mahasiswa baru. Selain itu juga sebagai sarana menumbuhkan motivasi agar mahasiswa dapat berprestasi selama menjalani masa perkuliahan.

Kegiatan Expo Campus kali ini menghadirkan M. Rizal N. Sagara, ST., MT. Lead of Experience Codex Telkom sekaligus influencer beserta seluruh Ketua Program Studi di lingkungan FST UIN Sunan Ampel Surabaya.

UIN-Sunan-Ampel-2.jpg

Expo Campus FST Tahun 2022 ternyata sangat menarik animo siswa-siswi di seluruh nusantara, terdapat sekitar 350-an pendaftar yang berpartisipasi dalam kegiatan. Bukan hanya para calon mahasiswa yang antusias, termasuk para bapak ibu guru. Beberapa sekolah dengan dukungan para guru melakukan nobar (nonton bareng) di kelas.

Terlihat siswa-siswi SMA yang melakukan nobar adalah MAN 2 Nganjuk sebanyak 5 kelas dari jurusan yang berbeda yaitu IPA dan IPS. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari beragam daerah mulai dari pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah menjelaskan bahwa FST mempunyai total 7 program studi dengan satu program studi baru yaitu teknik sipil yang akan dibuka pertama kali pada tahun ini.

Akreditasi seluruh program studi di lingkup FST nantinya akan berstandar internasional. Terdapat program studi yang telah diajukan untuk internasional dan beberapa lainnya masih dalam tahapan meraih akreditasi A dikancah internasional. Hal tersebut bukanlah suatu yang mudah, namun dengan tekad dan keinginan yang kuat FST yakin dapat meraih seluruh akreditasi tersebut.

Kegitan selanjutnya dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya adalah guna mendukung keaktifan dan sifat kreatif mahasiswa dan siswa untuk berkembang dan meraih prestasi.

Pada kegiatan ini juga mengadakan Soft Launching UINSA International Young Scientists Competition (UIYSC) yang diadakan oleh UIN Sunan Ampel Surabaya.

Perlombaan ini akan berlangsung pada 2-3 Juli 2022 mendatang. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi berharap perlombaan ini dapat berjalan lancar dan seluruh peserta dapat berkontribusi dengan ide-ide pemikiran yang luar biasa.

Peraihan prestasi dalam ajang perlombaan UIYSC tidak sembarangan, dikarenakan event ini bukan hanya se-Indonesia namun telah bertaraf internasional. Keseluruhan kegiatan perlombaan akan diikuti oleh 3 benua Eropa, Asia, dan Afrika.

UIN-Sunan-Ampel-3.jpg

"Jadi dengan peluncuran event UIYSC ini dapat menarik seluruh siswa dan mahasiswa untuk ikut serta dalam ajang perlombaan," katanya, Senin (25/4/2022).

UIYSC merupakan event Kompetisi tingkat Internasional perdana digelar, murni organized by FST UINSA, tidak melibatkan pihak EO Event Organizer dalam penyelenggaraannya.

"Hal ini sebagai bukti kemandirian kita dan Insya Allah akan kita laksanakan secara annual periodik, dan salah satu jembatan FST UINSA mendukung UINSA Goes International," jelasnya.

Menurut Wadek 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FST UIN Sunan Ampel Surabaya, Yusuf Amrozi, kegiatan Goes to Kampus ini bertujuan dalam rangka mensosialisasikan prestasi dan keunggulan yang dimiliki oleh Fakultas Saintek di mata publik.

Khususnya siswa SLTA sederajat yang ingin mencari jurusan alternatif di jenjang perguruan tinggi. "Secara umum selain kurikulum yang berisi materi kuliah sesuai bidang, juga ada materi keislaman sebagai penciri UIN Sunan Ampel," papar Yusuf.

Selain itu lulusan juga dibekali dengan sertifikan kompetensi yang berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP RI). Setiap program studi di FST UIN Sunan Ampel Surabaya mempunyai kelebihan masing-masing dan seluruhnya terangkum dalam video profil yang ditayangkan pada saat kegiatan berlangsung.

Tujuan dari FST UINSA bukan hanya melahirkan mahasiswa yang ahli dalam bidang sains dan teknologi saja namun juga dalam hal integrasi keislaman dan berstandar internasional.

Wakil Dekan Bidang Akademik FST UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. Moh. Hafiyussoleh dalam wawancara menjelaskan bahwa kegiatan expo campus penting untuk dilakukan karena belum semua masyarakat mengetahui bahwa di UIN Sunan Ampel yang dahulunya IAIN Sunan Ampel terdapat program studi dan jurusan umum sebagaimana yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi.

Masyarakat lebih mengenal UIN atau IAIN sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan. Dengan dilaksanakan pengenalan prodi melalui Expo Campus, diharapkan masyarakat mengetahui berbagai prodi di FST UIN Sunan Ampel Surabaya.

Meliputi profile lulusan, kemampuan apa saja yang dikembangkan di masing-masing prodi, setelah lulus maka profesi apa saja yang dapat dikerjakan, bagaimana profil dosen dan juga program-program yang dikembangkan oleh prodi maupun fakultas UIN Sunan Ampel Surabaya untuk mendorong tercapainya kompetensi yang diharapkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES