Pendidikan

Ngaji Bareng Ramadan, Channel Gus Gaul dan TIMES Indonesia: Adab Bertetangga (23)

Senin, 25 April 2022 - 06:42 | 35.48k
Suasana ngaji membahas pendidikan akhlak untuk anak-anak kerjasama channel Gus Gaul dan TIMES Indonesia selama bulan Ramadan 1443 H. (Foto: Gege for TIMES Indonesia)
Suasana ngaji membahas pendidikan akhlak untuk anak-anak kerjasama channel Gus Gaul dan TIMES Indonesia selama bulan Ramadan 1443 H. (Foto: Gege for TIMES Indonesia)
FOKUS

TIMESINDONESIA, MADIUN – Bertolak dari keprihatinan terkait adab, akhlak dan karakter anak, channel Gus Gaul pada Ramadan 1443 H kali ini ngaji membahas pentingnya pendidikan akhlak dari kecil. Dan, bekerjasama dengan TIMES Indonesia, media digital mainstream berplatform jurnalisme positif, untuk membangun ketahanan informasi masyarakat. 

*** 

Nara sumber channel Gus Gaul, Dr. H. Moh. Miftachul Choiri, MA., dosen IAIN Ponorogo menjadi pembahas utama kitab Akhlaq Lil Banin selama Ramadan 1443 H. Kali ini membahas tentang adab atau tata krama dalam bertetangga. 

Di awal ngaji pemateri menjelaskan bagaimana anak bersikap kepada tetangga dengan cara menghormati, menghargai dan tidak mengganggu kenyamanan mereka. Orang tua harus memberikan contoh sejak dini. 

"Maka berbuat baiklah kepada tetangga, senangkan hati mereka dengan cara memperlakukan dengan baik anak-anaknya, tersenyumlah di hadapannya, bermainlah dengan baik, hindari pertengkaran dengannya, jangan mengambil mainan tanpa seizinnya atau bersikap sombong dengan memamerkan baju baru atau uang," kata Miftachul Choiri. 

Akademisi yang disapa akrab Gus Coi itu menerangkan, anak yang memiliki adab tidak suka mengejek dan mencaci tetangganya. Ia selalu menjaga silaturahmi sebagaimana dilakukan orang tua. 

Gus-Gaul-2.jpg

"Anak yang baik hati, baik budi pekerti kepada keluarga juga tetangganya, tidak suka menyakiti, bertengkar atau mencaci anak-anak mereka. Dia juga tidak pernah memutuskan silaturahmi dengan tetangganya," tuturnya. 

Selain itu Gus Coi juga menegaskan kunci hidup damai bisa diraih dengan selalu menjaga etika kepada tetangga dan saling menghargai perbedaan. 

"Betapa indahnya hidup jika dengan tetangga rukun, saling menjaga, menyapa dan ramah. Saat mereka membutuhkan dengan suka rela membantunya," jelas Miftachul Choiri. 

***

Simak ulasan lengkap ngaji bareng channel YouTube Gus Gaul dan TIMES Indonesia bersama Dr. H. Moh. Miftachul Choiri MA. selama bulan suci Ramadan 1443 H yang membahas tentang adab bertetangga. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES