Ekonomi

Berkualitas Baik, Susu Sapi Pudak Ponorogo Tembus Pabrikan di Pasuruan

Minggu, 24 April 2022 - 15:46 | 112.92k
Proses pemerahan susu sapi yang ada di Pudak, Ponorogo. Susu sapi dari Pudak diklaim memiliki kualitas baik. (Foto : Kelvin Dian Saputra/Magang IAIN Ponorogo/Times Indonesia)
Proses pemerahan susu sapi yang ada di Pudak, Ponorogo. Susu sapi dari Pudak diklaim memiliki kualitas baik. (Foto : Kelvin Dian Saputra/Magang IAIN Ponorogo/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Wilayah Kecamatan Pudak merupakan sentra penghasil susu sapi terbanyak dan diklaim terbaik di Ponorogo, Jawa Timur. Warga yang menjadi peternak sapi perah kini sudah begitu banyak, mencapai puluhan. "Susu sapi ini dijual  ke pabrik di Pasuruan. Tapi sebelumnya ditampung di pos masing-masing untuk dicek," kata Tohari, Ketua Duta Agung Sejahtera (DAS), kelompok penampungan susu di Kecamatan Pudak, Ponorogo kepada TIMES Indonesia.

Tohari misalnya, penghasilan dari hasil susu perah perbulannya mencapai rata-rata Rp10 juta, dari delapan ekor sapi yang dipeliharanya. Banyak sedikitnya susu sapi tergantung pakan yang diberikan peternak kepada sapi-sapinya. Juga, trik memberi makanan yang baik untuk menambahkan hasil susu perahan. Rata-rata dalam sehari, Tohari bisa memerah susu sapi hingga 102 liter.

"Rumput yang sudah dicoper langsung dicampur dengan konsentrat kering, supaya menyatu dan bisa dimakan dengan baik oleh sapi. Cara ini sudah saya buktikan dan hasil susu yang saya perah bertambah di hari ke hari. Berbeda dengan trik memberi makan sebelumnya yang saya lakukan. Sebelum memakai trik ini konsentrat saya campur dengan air, lalu dicampur rumput, ternyata kurang maksimal," paparnya.

Susu-Sapi-Pudak-2.jpgSusu ditampung di penampungan sementara sebelum siap dikirim ke pabrikan di Pasuruan. (Foto : Kelvin Dian Saputra/Magang IAIN Ponorogo/Times Indonesia)

Di masa sapi hamil, susu yang diproduksi menurun signifikan. Tapi di usia kehamilan 1-3 bulan belum terasa penurunannya.  Saat memasuki usia kehamilan 6-7 bulan, penghasilan peternak menurun drastis.

"Sapi yang sudah hamil tujuh bulan tidak boleh diperah, karena susu yang keluar juga sedikit, juga anjuran dokter begitu," tambah Tohari.

Harga susu sapi perah saat ini cukup stabil di kisaran Rp6.230 per liter. Susu sapi di kawasan Pudak ini diklaim lebih baik karena berada di daerah berhawa dingin. Kondisi ini berdampak positif pada harga jual dibandingkan dengan susu sapi daerah Ponorogo lainnya.

Susu-Sapi-Pudak-3.jpgHasil susu dari peternak kemudin distorkan ke penampungan susu DAS. (Foto : Kelvin Dian Saputra/Magang IAIN Ponorogo/Times Indonesia)

"Harga bulan ini masih stabil, tapi belum tahu ke depannya, bisa naik dan juga bisa saja turun," terangnya.

Sapi diperah dua kali dalam sehari yakni pagi pukul 06.00 dan sore pukul 16.00 WIB.  Tiap hari pula, susu diambil dan dibawa ke pabrik di Pasuruan. Pemerahan harus tepat waktu untuk menghindari sapi stres dan sulit diperah. Selain itu hasil susu yang diperoleh juga akan menurun.

Di berbagai lokasi ada koordinator masing-masing, salah satunya Tohari di Pudak, Ponorogo. Di rumahnya, juga dijadikan  tempat penampungan susu dari peternak lain. Tohari beternak sapi perah sejak tahun 2010. Dari awalnya dua ekor sapi siap perah dan satu ekor sapi bibi yang belum siap perah,  kini sudah menjadi 10 ekor sapi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES