Kuliner

Tips Bikin Nastar Enak Cantik Anti Gagal, Perhatikan Butter

Minggu, 24 April 2022 - 11:11 | 76.22k
Nastar, kue kering khas lebaran - Instagram @ibueok.haura
Nastar, kue kering khas lebaran - Instagram @ibueok.haura

TIMESINDONESIA, JAKARTANastar salah satu kue lebaran yang wajib ada. Rasanya yang manis dengan isian selai nanas selalu bikin nagih. 

Nastar bikinan sendiri tentunya lebih sreg di hati ya. Tapi takut gagal? Tenang saja TIMES Indonesia akan membagikan tips membuat nastar anti gagal dengan hasil akhir cantik mulus. 

Beberapa kesalahan dalam pengolahan membuat nastar tak cantik. Bantuk nastar bisa saja tiba-tiba melebar saat dipanggang. Tak itu saja, nastar yang retak juga menjadi kegalauan para ibu yang berjuang membuat nastar. 

Kok bisa? Setidaknya ada beberapa kesalahan dalam pembuatan nastar. 

Pertama penggunaan butter yang tidak dalam keadaan beku. Semua kue harus menggunakan butter beku. Butter sendiri sebenarnya memiliki sifat yang mudah leleh. 

Karena itu jika menggunakan butter yang tak lagi beku, saat adonan masuk pemanggang maka bentuk nastar akan melebar (tidak lagi bulat sempurna). 

Agar mendapatkan bentuk yang mulus alias tidak pecah, Anda juga harus memperhatikan durasi pengocokan menggunakan mixer. Gesekan mixer saat adonan nastar dikocok membuat butter cepat leleh. 

Maka pengocokan menggunakan mixer cukup 4 menit saja. 

Demikian juga saat membentuk nastar. Jangan terlalu lama bersentuhan langsung dengan tangan. Segeralah memulung dan diisi dengan selai nanas. 

Teorinya suhu tangan kita hangat akan membuat butter lebih lembek. Hal itu akan membuat bentuk adonan tidak tahan lama saat dipanggang, alias melebar. 

Tips agar nastar tidak melebar adalah sebelum dibentuk, memasukkan adonan ke dalam kulkas selama beberapa menit. Suhu adonan yang sudah dingin akan mempertahankan bentuknya. Selamat mencoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES