Kesehatan

Seledri, Si Hijau yang Mampu Memperlancar Menstruasi

Minggu, 24 April 2022 - 02:05 | 136.28k
Ilustrasi: Seledri. (Foto: Unsplash/Daniela Paola Alchapar)
Ilustrasi: Seledri. (Foto: Unsplash/Daniela Paola Alchapar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak hanya menyegarkan tampilan masakan, seledri diketahui mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita.  Manfaat ini pun sudah dikai secara klinis dan disetujui oleh tim medis. Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam seledri membuat tanaman ini diburu konsumen.

Seledri diketahui kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, kalium, dan kolin. Beberapa antioksidan seperti betakaroten, lutein, zeaxanthin, dan flavonoid juga dimilikinya. Nah dilansir dari Alodokter berikut manfaat seledri bagi tubuh kita.

1. Mengurangi risiko terjadinya kanker

Tingginya kandungan antioksidan yang terdapat dalam seledri membuat tanaman ini mampu yang mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Flavonoid dan vitamin C yang terdapat dalam seledri juga membantu mencegah kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas.

2. Mengontrol berat badan

Bagi anda yang sedang ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sudah ideal, mengkonsumsi seledri mampu membantu usaha anda untuk diet. Namun, tentunya untuk mendapatkan berat badan idel anda harus mengatur pola makan yang ketat.

3. Menyehatkan mata

Vitamin A dan antioksidan yang terkandug dalam seledri mampu membantu menyehatkan mata. Digadang-gadang, seledri dapat membantu menurunkan resiko katarak dan degenerasi makula.

4. Memperlancar menstruasi

Perut begah dan tidak nyaman kadang dirasakan oleh beberapa wanita saat menstruasi. Kandungan mineral dalam seledri terbukti mampu melemaskan otot perut dan mengurangi resiko kram perut dan rasa nyeri saat haid. Mengkonsumsi seledri secara benar dapat mebuat menstruasi anda berjalan lancar tanpa hambatan.

Selain itu, seledri juga mampu menurunkan tekanan darah, memelihara kesehatan jantung, dan mnegontrol gula darah. Mengkonsusmsi seledri secara tertaur dapat  menjaga saluran cerna dan mencegah inflamasi pada lambung.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES