Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Gambar Artikel "Luhut: Jawa Barat Pasti Mendukung 3 Periode!"

Sabtu, 23 April 2022 - 19:25 | 86.72k
Konten manipulasi berupa tangkapan layar artikel yang telah disunting pada bagian judul.
Konten manipulasi berupa tangkapan layar artikel yang telah disunting pada bagian judul.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah gambar tangkapan layar artikel berlogo CNBC Indonesia beredar di media sosial Facebook. Pada gambar tersebut, tertera judul artikel "Luhut: Jawa Bara Pasti Mendukung 3 Periode!".

Gambar tangkapan layar tersebut dibagikan oleh akun Izro'il (https://web.facebook.com/denz.gentayangan/) pada 12 April 2022. Pengguna akun Izro'il menyertakan narasi berikut:

Yapsss benar sekali
Saya sangat amat mendukung 3 priode
Alhamdulillah berkah na 2 priode
Rakyat keur susah, duit na di pake meuli hordeng DPR 48,7MILYAREUN

cek-fakta-luhut-3-Periode.jpgSumber: https://web.facebook.com/denz.gentayangan/posts/3063179003945467

Benarkah kabar tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta, gambar tangkapan layar artikel tersebut tidak benar. Kami menelusuri kebenaran artikel tersebut dengan mengecek langsung ke laman CNBC Indonesia.

Tertera pada gambar tangkapan layar tanggal publikasi artikel Selasa 5 April 2022 pukul 19:52 WIB. Setelah kami cek ke laman CNBC Indonesia, ditemukan artikel asli berjudul “Viral! Luhut Ikut Vaksin Nusantara, Didampingi dr Terawan”.

cek-fakta-luhut-3-Periode-2.jpgSumber: Viral! Luhut Ikut Vaksin Nusantara, Didampingi dr Terawan | CNBC Indonesia

Apabila diamati lebih rinci, terdapat kesamaan tampilan yang diunggah oleh akun Izro'il dengan artikel asli CNBC Indonesia. Kesamaannya berupa gambar artikel (Luhut Binsar Panjaitan), lalu terdapat keterangan CNBC Indonesia > Tech > Berita Tech di atas judul. Namun, terdapat perbedaan pada judul artikel antara yang diunggah oleh akun Facebook Izro'il dengan artikel asli CNBC Indonesia. 

Lebih lanjut, bila dicari pada kolom pencarian di CNBC Indonesia, tidak ditemukan judul artikel berita “Luhut : Jawa Barat Pasti Mendukung 3 Periode!”. Artinya, telah dilakukan penyuntingan judul artikel di unggahan akun Facebook Izro'il pada pada 12 April 2022 pukul 11:09 WIB.

cek-fakta-luhut-3-Periode-3.jpgTangkapan layar: CNBC Indonesia | Hasil Pencarian "Luhut: Jawa Barat Pasti Mendukung 3 Periode!"

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan menyebut Jawa Barat mendukung 3 periode, tidak benar. Gambar tangkapan layar artikel berlogo CNBC Indonesia tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, judul artikel asli “Viral! Luhut Ikut Vaksin Nusantara, Didampingi dr Terawan”.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, klaim tersebut termasuk dalam kategori konten manipulasi (manipulated content). Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES