Peristiwa Internasional

Jika NATO Konfrontasi dengan Rusia, Akan Ada Perang Dunia Ketiga

Sabtu, 23 April 2022 - 05:13 | 27.72k
Kanselir Jerman, Olaf Scholz.
Kanselir Jerman, Olaf Scholz.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jika NATO terseret ke konfrontasi langsung dengan Rusia yang kini sedang memerangi Ukraina, maka akan terjadi perang dunia ketiga.

Kanselir Jerman,  Olaf Scholz dalam sebuah wawancara dengan Der Spiegel dari Jerman mengatakan, NATO harus menghindari itu. Komentar Olaf Scholz itu muncul setelah ia dimintai komentarnya, mengapa Jerman sejauh ini tidak mengirimkan senjata berat ke Ukraina.

"Tidak ada buku peraturan untuk situasi ini yang menyatakan pada titik mana kami dianggap sebagai pihak dalam perang di Ukraina," katanya.

Menurutnya pengiriman tank ke Ukraina bisa menyebabkan perang nuklir. "Itulah mengapa semakin penting bagi kami untuk mempertimbangkan setiap langkah dengan sangat hati-hati dan berkoordinasi erat satu sama lain,” kata Scholz.

Ia menambahkan bahwa menghindari eskalasi terhadap NATO adalah prioritas utama bagi saya. Tidak boleh ada perang nuklir," kata Scholz lagi.

“Itulah mengapa saya tidak fokus pada jajak pendapat atau membiarkan diri saya terganggu oleh panggilan telepon yang melengking. Konsekuensi dari kesalahan akan dramatis," tambahnya.

Scholz menghadapi kritik yang meningkat dari dalam negerinya sendiri dan luar negeri atas dugaan keengganan pemerintahnya untuk mengirimkan senjata berat, seperti tank dan howitzer ke Ukraina karena invasi Rusia telah memasuki fase baru dan berpotensi menentukan.

Dalam wawancara tersebut, Scholz memperingatkan dia tidak berpikir bahwa Jerman dan NATO dibenarkan untuk menjadi pihak yang bertikai di Ukraina. Scholz juga mengatakan dia tidak percaya embargo gas Rusia akan mengakhiri perang di Ukraina.

Kanselir Jerman dan pemerintahnya juga mendapat kecaman karena tidak segera menghentikan energi Rusia. Scholz mengatakan pada awal April bahwa negaranya melakukan semua yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan ini segera.

Menurutnya tujuan terpenting dalam situasi saat ini adalah gencatan senjata dan pasukan Rusia harus mundur. "Harus ada kesepakatan damai yang memungkinkan Ukraina mempertahankan diri di masa depan," katanya.

Untuk itu, Kanselir Jerman Olaf Scholz mengingatkan, jika NATO terseret ke konfrontasi langsung dengan Rusia yang kini sedang memerangi Ukraina, maka akan terjadi perang dunia ketiga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES