Kesehatan

Sehat ala Dokter Syifa: Tips Puasa dengan Asam Lambung Tinggi

Sabtu, 23 April 2022 - 08:56 | 63.59k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak terasa puasa Ramadan tinggal beberapa hari. Namun biasanya asam lambung tinggi masih saja mengganggu. Nah puasa sehat ala Dokter Syifa (Dr dr Syifa Mustika SpPD-KGEH), pengurus Lembaga Kesehatan (LK) PBNU yang juga dokter spesialis RSSA Malang, ini punya cara mengantisipasinya. 

Menurutnya, gangguan pencernaan mulai sakit maag atau gastritis, naik asam lambung atau GERD, diare, nyeri perut, bahkan sembelit sering menjadi penyebab kegalauan pasien untuk berpuasa. Apalagi jika sebelumnya memang sudah mengidap penyakit pencernaan. Meski berpuasa bisa terasa berat tetapi bukan berarti anda tidak boleh berpuasa ya.

Berikut tips sehat puasa bebas gangguan pencernaan yang bisa Anda coba: 

1. Mantapkan niat berpuasa untuk mencari keridhoan Allah SWT dan ikhtiar menjaga kesehatan.

Perbanyak ibadah di bulan Ramadan agar jiwa menjadi tenang. 

2. Jika Anda punya gangguan pencernaan konsumsi obat sesuai arahan dokter saat sahur dan buka. Jika 3 kaki bisa diminum sesudah tarawih atau menjelang tidur.

3. Anda wajib sahur terutama di akhir waktu, namun jangan makan terlalu banyak saat sahur. Jangan tidur setelah makan sahur supaya kerja pencernaan optimal dan asam lambung tidak naik.

4. Saat berbuka tidak langsung banyak, bertahap, batalkan puasa dengan takjil makanan ringan supaya pencernaan ngga kaget dan lanjutkan dengan porsi makanan inti sesudah Shalat Maghrib. 

5. Hindari makanan pedas, kecut, ketan, santan, digoreng, banyak gas/karbonasi supaya perut tidak kembung, sebah atau nyeri bahkan diare.

6. Jauhi stres. Sering tidak disadari, stres adalah salah satu pemicu gangguan pencernaan. Ketika stres tidak diadaptasi dengan baik oleh otak, tubuh akan memproduksi hormon stres yang disebut kortisol yang bisa meningkatkan gula darah dan denyut jantung, serta menurunkan produksi antibodi, memperlambat kerja lambung dan menaikkan produksi asam lambung. 

7. Perbanyak air putih 8-10 gelas tiap hari untuk mencegah dehidrasi dan membantu kerja pencernaan serta menetralisir asam lambung.

Semoga bermanfaat dan yuk puasa sehat, bebas gangguan pencernaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES