Pendidikan

Daya Tampung Mahasiswa Baru 2022 UM, Ini 2 Prodi Kuota Terbanyak

Jumat, 22 April 2022 - 22:16 | 145.37k
Gedung Rektorat Universitas Negeri Malang (UM). (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Gedung Rektorat Universitas Negeri Malang (UM). (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) telah menetapkan kuota daya tampung penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023. Dua program studi ini, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Psikologi menempati di posisi teratas dengan kuota masing-masing 320 orang.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Negeri Malang tentang Kuota Daya Tampung Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023.

Rektor Universitas Negeri Malang Prof Rofi'uddin menandatangani surat keputusan tersebut yang ditetapkan di Malang pada 26 Januari 2022. Keputusan ini berlaku mulai tanggal ditetapkan.

UM kembali membuka seleksi masuk melalui jalur mandiri. Ada lima jalur mandiri yang disiapkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan nya di UM.

Direktur Akademik UM, Prof. Dr. Suyono, M.Pd., mengatakan jalur mandiri yang dibuka UM meliputi Jalur Mandiri Prestasi, Jalur Mandiri Portofolio, Jalur Mandiri menggunakan skor UTBK SBMPTN, Jalur Mandiri Tes Masuk Berbasis Komputer Universitas Negeri Malang (TMBK-UM), dan Jalur Mandiri Kemitraan Institusi.

"Status UM dengan PTNBH maka dapat menerima mahasiswa baru maksimal 50 persen dari kuota melalui jalur mandiri. Dari 50 kuota tersebut baru kemudian dibagikan melalui jalur-jalur mandiri yang dibuka UM," katanya.

Ia menegaskan dari sisi kuota, UM tidak membedakan atau menentukan porsi pembagian. Namun berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, pendaftar paling banyak dari jalur portofolio, kemudian pendaftar dari skor UTBK SBMPTN dan TMBK.

Lebih lanjut Prof Suyono mejelaskan jalur mandiri prestasi adalah seleksi mahasiswa baru yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa SMA, SMK, MA, atau sederajat di dalam dan luar negeri  yang memiliki prestasi unggul dalam bidang tertentu.

"Jalur prestasi ini tentu diperuntukan bagi mereka yang benar-benar berprestasi baik prestasi akademik maupun non akademik. Dan dapat menunjukkan bukti-bukti prestasinya sesuai dengan yang mereka punya," ujarnya.

Kemudian, Jalur Mandiri Portofolio merupakan seleksi yang dilakukan berdasarkan pada skor nilai rapor dan dokumen portofolio prestasi akademik dan atau non akademik. Sedangkan Jalur Mandiri dengan menggunakan Skor UTBK adalah seleksi yang dilakukan menggunakan skor UTBK-SBMPTN.

Jalur selanjutnya yang bisa ditempuh yaitu jalur Mandiri Seleksi Tes Masuk Berbasis Komputer Universitas Negeri Malang (TMBK-UM), yang mana seleksi dilakukan berdasarkan skor tes ujian tulis berbasis komputer yang diselenggarakan oleh UM.

Sementara Jalur Mandiri Kemitraan Institusi adalah seleksi yang dilakukan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru yang bekerja sama dengan institusi (perusahaan, atau lembaga pemerintah/swasta dalam dan luar negeri). Tujuannya menjalin kerja sama untuk berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di UM.

"Jalur kemitraan ini terbuka untuk semua institusi siapa saja yang berminat. Untuk jalur kemitraan institusi dikenakan UKT dan SPSA sesuai dokumen kerja sama," tandasnya.

Berikut jadwal pendaftaran Jalur Mandiri UM:

- Jalur Mandiri Prestasi, 4 April - 2 Juni 2022

- Jalur Mandiri Portofolio, 19 April - 6 Juli 2022

- Jalur Mandiri Skor UTBK,  3 - 25 Juni 2022

- Jalur Mandiri TMBK UM,  19 April - 24 Juni 2022

- Jalur Mandiri Kemitraan Institusi 19 April - 5 Mei 2022

Itu lah jadwal Penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Malang (UM) jalur Mandiri tahun akademik 2022/2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES