Peristiwa Internasional

China Lockdown, Menkeu RI: Permintaan Komoditas dan Bahan Baku Akan Terpengaruh

Jumat, 22 April 2022 - 16:12 | 29.69k
Terlihat seseorang menggunakan Alat Pelindung Diri tengah memanjat Barikade di Shanghai, China, Senin (11/4/2022) saat penerapan Lockdown. (FOTO: REUTERS/Aly Song)
Terlihat seseorang menggunakan Alat Pelindung Diri tengah memanjat Barikade di Shanghai, China, Senin (11/4/2022) saat penerapan Lockdown. (FOTO: REUTERS/Aly Song)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Keuangan RI (Menkeu RI) Sri Mulyani Indrawati memberikan tanggapan mengenai kebijakan lockdown yang dilakukan di Shanghai, China karena merebaknya Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian negara berkembang, termasuk Indonesia.

Menurutnya, apapun yang terjadi di Amerika Serikat dan China, sebagai dua negara yang memiliki ekonomi terbesar di dunia, pasti akan memberikan dampak rambatan (spillover) ke seluruh dunia.

Menkeu dalam Debate on the Global Economy yang digelar IMF pada Jumat (22/4/2022) mengatakan, tantangan menstabilkan harga dan menurunkan inflasi akan membutuhkan pengetatan moneter. Hal tersebut sudah dikomunikasikan dan pembuat kebijakan di negara berkembang perlu bersiap untuk kemungkinan tersebut.

Sri-Mulyani-Indrawati-2.jpgMenkeu Sri Mulyani Indrawati. (FOTO: Dok. Kemenkeu) 

"Kita berbicara tentang dikalibrasi dengan baik, dikomunikasikan dengan baik, direncanakan dengan baik," kata Menkeu.

Menkeu menceritakan kondisi Indonesia ketika menerapkan lockdown atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat varian Delta muncul.

Kebijakan tersebut membuat pemerintah harus membatasi kegiatan dan mobilitas masyarakat. Dalam kurun waktu dua minggu, pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama tahun 2021 sangat terdampak.

"Jadi, saya bisa membayangkan kalau lockdown seperti ini diperpanjang, pasti akan sangat besar (dampaknya), apalagi untuk kota sebesar Shanghai," ujar Menkeu.

Adapun kebijakan lockdown di China, ungkap Menkeu, tentunya mempengaruhi supply chain karena permintaan China untuk banyak komoditas menjadi sangat penting.

"Hal tersebut akan menjadi perhatian karena berdampak langsung dalam hal permintaan komoditas dan bahan baku lainnya ke seluruh dunia," tandas Menkeu RI, Sri Mulyani Indrawati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES