Ekonomi

Harga Cabai Merosot Jelang Lebaran, Pemerintah Prihatin Nasib Petani

Jumat, 22 April 2022 - 15:27 | 34.08k
Pj Banten Kementan, Siti Munifah dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan sidak di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Kamis (21/4/2022). (Foto: Dok. BPPSDMP/Bayu)
Pj Banten Kementan, Siti Munifah dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan sidak di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Kamis (21/4/2022). (Foto: Dok. BPPSDMP/Bayu)

TIMESINDONESIA, TANGERANG – Menjelang Idulfitri 1443 Hijriah, harga cabai mengalami penurunan, sementara harga kebutuhan pokok lainnya meningkat. Menurunnya harga cabai menjadi keprihatinan pemerintah mengingat hal tersebut berdampak pada para petaninya. 

Keprihatinan tersebut diungkapkan Penanggung Jawab [PJ] Banten Kementerian Pertanian (Kementan RI), Siti Munifah yang diamini oleh Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi saat keduanya bertemu pada inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Kamis (21/4/2022).

"Pekan lalu, kami temui harga cabai di Tangerang Raya, sekitar Rp24 ribu Pak Mendag," kata Siti Munifah.

"Saya dapati tadi harga komoditas cabai sekitar Rp30 ribuan, kasihan petani," ujar Mendag Lutfi merespons.

Pernyataan serupa dia kemukakan saat diwawancarai awak media. “Melihat untuk mengecek pasokan bahan pokok ketika Ramadan dan menjelang Lebaran. Saya lihat di sini semua barang ada, semua harganya baik, kecuali harga cabai sekitar Rp30 ribuan. Kasihan petaninya. Kita jangan hanya pikirkan konsumen, tapi juga nasib petani agar mereka tetap gairah menanam," terangnya.

Siti Munifah mengapresiasi perhatian Mendag Lutfi terhadap nasib petani, yang merupakan ranah Kementan.  Sementara Menteri Perdagangan lebih banyak pada pedagang dan konsumen, yang merupakan ranah Kemendag.

Instruksi Mentan RI

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, ketersediaan pangan merupakan hal mutlak yang harus terus menerus diupayakan oleh seluruh stakeholder, dalam hal ini Kementan. 

"Caranya, memperlancar distribusi dan mendekatkan kebutuhan pangan dari daerah surplus ke daerah defisit sehingga setiap daerah tercukupi," kata Mentan SYL dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Jumat (22/4/2022).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menegaskan jaminan ketersediaan pangan merupakan salah satu pilar yang menjadi fokus perhatian Kementan.

“Penting untuk harus terus menjamin kebutuhan pangan agar tak ada satu orang pun yang luput kebutuhan pangannya. Oleh karenanya, mari kita bahu membahu dalam hal swasembada pangan agar ketahanan pangan kita terjamin,” katanya.

PJ Banten Kementan, Siti Munifah menambahkan data prognosa direkapitulasi dan divalidasi secara mingguan di lingkup Kementan RI. 

"Apabila ada indikasi keterbatasan suplai berdampak pada harga signifikan maka PJ Kementan selaku tim Satgas Pangan akan turun ke pasar untuk monitoring dan mendapatkan informasi lebih lanjut sebagai dasar penyusunan strategi," kata Siti Munifah, yang juga menjabat Sekretaris BPPSDMP Kementan RI.

Harga komoditas cabai yang dilansir Pemkot Tangerang melalui Perumda Pasar Kota Tangerang per 21 April dalam satuan kilogram menyebutkan harga cabai merah keriting Rp30.000, cabai merah biasa Rp40.000, cabai rawit merah Rp30.000, cabai rawit hijau Rp36.000.

Sementara Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) melansir harga per 21 April dalam satuan kilogram bahwa cabai merah (besar) Rp34.200 dan keriting Rp30.100 atau rata-rata Rp31.000. Harga cabai rawit rata-rata Rp30.900 untuk kategori cabai rawit hijau Rp26.000 dan merah Rp33.700. 

Dalam sidaknya, Mendag Lutfi menuturkan ada beberapa bahan pangan yang harganya di bawah harga pasaran nasional, seperti telur dan gula.

“Jadi kalau kita lihat seperti tadi bahwa harga gula Rp14.000 di bawah dari harga nasional, kemudian telur Rp26.000 di bawah harga nasional Rp26.100,” ujarnya.

Sementara Siti Munifah memastikan kesiapan pihaknya mendukung ketersediaan stok pangan. "Semoga kita makin khusyuk menjalankan ibadah puasa dengan baik karena stok pangan tersedia cukup, dan harganya terjangkau oleh rakyat," ujarnya. 

Mengutip merdeka.com, harga pangan pokok selain harga cabai di Pasar Anyar, Kota Tangerang per 21 April dalam satuan kilogram (kg) yakni beras IR I Rp11.000, beras IR II Rp10.000, gula pasir lokal Rp14.500, daging sapi Rp140.000, telur ayam broiler Rp26.000, tepung terigu Rp11.000, bawang merah Rp35.000, bawang putih (banci) Rp28.000 dan bawang putih (cutting) Rp34.000. Sementara daging ayam broiler Rp40.000 per ekor, telur ayam kampung Rp2.500 per butir, minyak goreng kemasan Rp22.000 dan minyak goreng curah Rp18.500 per liter.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES