Ekonomi

Harga Sembako Naik, Pemkot Mojokerto Siapkan Pasar Murah

Jumat, 22 April 2022 - 11:46 | 47.19k
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat meninjau Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto beserta jajaran Pemerintahan Kota Mojokerto, Jumat (22/4/2022) (FOTO: Thaoqid Nur/TIMES Indonesia)
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat meninjau Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto beserta jajaran Pemerintahan Kota Mojokerto, Jumat (22/4/2022) (FOTO: Thaoqid Nur/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Lebaran kian dekat harga kebutuhan pokok mulai merangkak. Hal ini menjadi perhatian Pemkot Mojokerto. Untuk itu, Pemkot Mojokerto akan menggelar pasar sembako murah yang akan digelar pada Rabu, 27 April 2022 mendatang di Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto

"Kebutuhan pokok mulai merangkak terjadi kenaikan, hampir signifikan. Semua komoditas bahan pokok, ini menjadi atensi kita bersama ya. Kalau di Pemkot ada TPID, kalau di Kepolisian ada Satgas Pangan," ujar Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari usai sidak di sejumlah pasar tradisional dan modern di Kota Mojokerto, Jumat (22/4/2022).

Gugus pengawas tersebut secara berkala akan melaporkan dan mengawasi pergerakan harga di pasar tradisional maupun pasar modern yang ada di Kota Mojokerto. Hal ini dalam upaya menekan kenaikan harga pokok menjelang lebaran 2022.

Ika-Puspitasari-3.jpgPemantauan kenaikan pergerakan harga pasar modern Superindo Kota Mojokerto oleh Wali Kota Mojokerto, Jumat (22/4/2022). (FOTO: Thaoqid Nur/TIMES Indonesia) 

Berdasarkan hasil sidak, beberapa kebutuhan pokok terpantau naik. Diantaranya harga daging sapi merangkak naik Rp 20 ribu. Sebelumnya harga Rp 120 menjadi Rp 140 ribu.

"Kita lihat daging sapi, cukup tinggi kenaikannya hampir 20-an. Dari Rp 120 ribu menjadi Rp 140 ribu perkilonya," jelasnya.

Lebih lanjut, Wali Kota menambahkan bahwa masa kadaluwarsa produk terpantau aman. Tidak ada produk yang terlewat masa kedaluwarsa.

"Yang telah kita check tadi, masa expirednya tidak ada yang melampaui. Sekarang sedang melaksanakan uji terhadap keamanan bahan pangan, hasilnya nanti akan dibagikan," jelasnya.

Ketersediaan bahan pokok di Kota Mojokerto terpantau aman. Hanya saja harga perlu diawasi.

"Kalau ketersediaannya aman, tapi harganya ini yang perlu kita awasi terus supaya kenaikannya tidak merangkak," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kota Mojokerto, Ani Wijaya mengatakan bahwa pemerintah telah aktif memantau pergerakan harga pasar secara berkala.

"Kami kan setiap hari mendata seluruh pasar. Malah kami mempunyai aplikasi SIBAPO itu nanti seluruh pasar akan mengentri, seluruh retail akan mengentri,  seluruh gudang harus ngentri untuk kita pantau harganya," terangnya.

Tapi sementara yang entri masih pasar-pasar. Ani menambahkan bahwa memang pemantauan harga dilakukan setiap hari melalui petugas yang ada di pasar-pasar tradisional.

"Karena yang naik kan daging kan. Ini naiknya karena pick season menjelang lebaran. Banyak warga itu yang bancakan melekan," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES