Kuliner

Buka Puasa dengan Kakigori, Es Serut Khas Jepang Langsung Adem

Jumat, 22 April 2022 - 13:09 | 94.97k
Kakigori dengan topping matcha (Foto:  sakurahouse)
Kakigori dengan topping matcha (Foto: sakurahouse)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bosan dengan menu takjil yang itu-itu saja. Yuk sekali-kali coba Kakigori, es serut khas Jepang dijamin langsung bikin adem. 

Di negara asalnya, kakigori adalah sajian penutup. Es serut ini cocok disajikan di musim panas. Es yang telah diserut diletakkan dalam mangkuk lalu disirap sirup dan diberi topping aneka buah. 

Kakigori telah ada di Jepang sejak abad ke 11. Di masa itu, es diserut menggunakan pisau ke dalam mangkuk logam. Getah manis disiramkan pada es serut yang menggunung itu. Getah digunakan karena pada zaman itu belum ditemukan sirup. Getah didapat dari beberapa jenis tanaman merambat, seperti hydrangea dan ivy. 

Es-serut.jpgEs Serut Khas Jepang (Foto: Instagram Kinjo Bali)

Awal penemuannya, minuman ini dianggap mewah. Para bangsawan Heian yang dapat menikmati kakigori. Tak hanya sirupnya yangdidapat dari getah, namun es sebagai bahan utama masih merupakan barang yang langka, 

Zaman itu es yang digunakan adalah es alami yang terbentuk selama periode terdingin saat musim dingin. Bekuan air tersebut lantas disimpan dalam 'rumah es'. 

Namun sejal abad ke-19, masyarakat umum baru bisa menikmati kakigori. Saat itu, topping yang paling banyak digunakan adalah madu, matcha, kental manis dan shiratama dango. Versi klasik kakigori dengan topping buah kiwi dan perasan air jeruk. 

kakigori.jpgFoto: soranews

Kini kakigori menjadi jajanan yang populer. Inovasi sajian kakigoripun semankin beragam. Mulai dari sirup yang digunakan, topping buah ditambah jeli, hingga aneka bentuk dan warna yang menarik. Bahkan ada yang menambahkan wine dan champagne untuk versi non halal. 

Gimana, penasaran mencoba kakigori atau es serut khas Jepang? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES