Peristiwa Internasional

Liga Arab Minta Israel Akhiri Ibadah di Kompleks Masjid Al Aqsa

Jumat, 22 April 2022 - 07:01 | 44.20k
Polisi Israel berdiri di depan wanita Muslim yang sedang berdoa dengan latar belakang Kubah Batu, saat sekelompok pria dan wanita Yahudi yang religius mengunjungi al-Haram al-Sharif (Tempat Suci), di Kota Tua Yerusalem pada 20 April 2022 .(FOTO: Al J
Polisi Israel berdiri di depan wanita Muslim yang sedang berdoa dengan latar belakang Kubah Batu, saat sekelompok pria dan wanita Yahudi yang religius mengunjungi al-Haram al-Sharif (Tempat Suci), di Kota Tua Yerusalem pada 20 April 2022 .(FOTO: Al J

TIMESINDONESIA, JAKARTALiga Arab minta Israel untuk mengakhiri ibadah kaum Yahudi di dalam kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki.

Liga Arab juga memperingatkan bahwa tindakan seperti itu merupakan penghinaan yang mencolok terhadap perasaan kaum Muslim dan bisa memicu konflik yang lebih luas.

Liga Arab, Kamis l21/4/2022) memgecam peristiwa kekerasan baru-baru ini di Al-Aqsa, dengan mengatakan Israel telah membatasi Muslim dalam hak beribadah mereka di Kota Tua Yerusalem itu.

Sementara Israel juga mengizinkan orang-orang Yahudi ultra-nasionalis untuk memasuki situs suci bahkan malah dilindungi polisi.

"Tuntutan kami jelas bahwa Al-Aqsa dan Haram al Sharif di semua wilayahnya adalah satu-satunya tempat ibadah bagi umat Islam," tegas Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi kepada wartawan setelah pertemuan darurat liga di Amman.

Pertemuan itu diadakan untuk membahas apa yang disebut liga sebagai "kebijakan dan tindakan ilegal Israel" di Yerusalem.

Ketua Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit menyatakan, Israel melanggar kebijakan berabad-abad yang menyatakan non-Muslim boleh mengunjungi kompleks Al-Aqsa, tetapi mereka tidak boleh shalat di sana.

Polisi anti huru hara Israel menyerbu kompleks masjid Al-Aqsa pekan lalu di mana setidaknya 158 warga Palestina terluka dan ratusan ditahan.

Safadi, yang berbicara dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken minggu ini, bertemu dengan pejabat senior Departemen Luar Negeri AS yang mengunjungi wilayah itu pada hari Rabu untuk membahas pengurangan ketegangan di situs suci itu.

Menteri luar negeri mengatakan dia telah menerima jaminan bahwa Israel akan menghentikan jamaah Yahudi memasuki Al-Aqsa.

Berada di atas dataran tinggi Kota Tua yang bertembok, kompleks Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga Islam dan dikenal oleh umat Islam sebagai al-Haram al-Sharif (Tempat Suci). Bagi orang Yahudi itu dikenal sebagai Temple Mount, situs paling suci dalam Yudaisme di mana mereka percaya dua kuil kuno berada.

Kantor berita Jordan, Petra mengatakan, bahwa Liga Arab memperingatkan bahwa tindakan Israel di Al-Aqsa "mengancam memicu siklus kekerasan", dan "serangan dan pelanggaran merupakan provokasi terang-terangan terhadap perasaan umat Islam".

Pertemuan tersebut juga dihadiri negara-negara anggota yang baru-baru ini menormalkan hubungan dengan Israel, termasuk Uni Emirat Arab dan Maroko, serta Tunisia, Aljazair, Arab Saudi, Qatar, Mesir dan perwakilan dari Otoritas Palestina.

Lonjakan kekerasan di Israel dan wilayah Palestina yang diduduki selama sebulan terakhir, dan selama puncak bulan puasa Ramadhan telah menimbulkan kekhawatiran akan kembali ke konflik yang lebih luas yang serupa dengan serangan 11 hari Israel di Gaza pada Mei lalu, dimana lebih dari 250 warga Palestina di Gaza dan 13 orang di Israel tewas.

Pada Rabu malam, polisi Israel memblokir lebih dari 1.000 demonstran ultra-nasionalis yang mengibarkan bendera Israel, beberapa meneriakkan "matilah orang Arab", dari mencapai Gerbang Damaskus dan kawasan Muslim Kota Tua.

Anggota parlemen sayap kanan, Itamar Ben Gvir, seorang politisi oposisi yang kontroversial, memimpin protes setelah dilarang dari area Gerbang Damaskus pada hari sebelumnya oleh Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES