Politik

Survei SMRC: Duet Anies-AHY Diprediksi Menangkan Pilpres 2024

Kamis, 21 April 2022 - 21:53 | 46.54k
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (FOTO: Net)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (FOTO: Net)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Duet Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diprediksi bakal memenangkan Pilpres 2024. Hal ini merujuk hasil survei terbaru Saiful Mujani And Research Consulting (SMRC) yang dirilis secara virtual di Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Dalam surveinya, SMRC melakukan simulasi tiga pasangan capres-cawapres, yaitu duet Anies-AHY berhadapan dengan pasangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto-Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Hasilnya, duet Anies-AHY meraih dukungan mayoritas responden dengan angka 29,8 persen, disusul pasangan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto 28,5 persen dan Prabowo Subianto-Puan Maharani 27,5 persen.

"Anies-AHY mendapatkan 29,8 persen suara, Ganjar-Airlangga 28,5 persen, dan Prabowo-Puan memperoleh 27,5 persen. Masih ada 14,3 persen yang belum menjawab atau tidak tahu," ungkap pendiri SMRC Prof. Saiful Mujani saat perilisan survei.

Jika Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan calon, Saiful Mujani memprediksi kemungkinan akan terjadi dua putaran. Sebab, hasilnya tidak berbeda jauh atau seimbang. "Suara yang berimbang ini akan mengakibatkan pemilihan presiden tidak berlangsung satu putaran, melainkan dua putaran," tutunya.

Diketahui, survei SMRC ini dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 13 - 20 Maret 2022 terhadap 1220 responden yang dipilih secara acak dengan metode stratified multistage random sampling terhadap keseluruhan populasi atau warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih, yakni mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) SMRC sebesar 1027 atau 84 persen. Sebanyak 1027 responden ini yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan kurang lebih 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES