Hukum dan Kriminal

Cemburu Menjadi Motif Pembunuh Mahasiswa Kedokteran UB Malang

Kamis, 21 April 2022 - 13:14 | 42.02k
Konferensi pers yang dilakukan Polda Jatim atas kasus pembunuhan Mahasiswa UB Malang beberapa waktu lalu. (Foto: Humas Polda Jatim)
Konferensi pers yang dilakukan Polda Jatim atas kasus pembunuhan Mahasiswa UB Malang beberapa waktu lalu. (Foto: Humas Polda Jatim)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kasus pembunuhan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malang (UB Malang) ternyata bermotif asmara dan kecemburuan.

Setelah dirilis oleh Polda Jatim, Senin (18/4/2022) lalu, Wadirreskrimum Polda Jatim, AKBP Ronald A Purba mengatakan bahwa motif tersangka berinisial ZI didasari oleh rasa cemburu kepada anak tirinya sendiri.

Diketahui, anak tiri ZI berinisial TS merupakan pacar dari korban, yakni Bagus Prasetya Lazuardi. Kecemburuan tersebut, akibat ZI menaruh rasa suka kedapa TS (anak tirinya sendiri).

"Tersangka selaku ayah tiri dari pacar korban, memiliki rasa suka terhadap anak tirinya," ujar Ronald.

Tak hanya itu saja, ZI juga memiliki motif lain, yakni persoalan perekonomian. Dijelaskan, tersangka berinisial ZI ini tega membunuh Bagus akibat ingin menguasai mobil milik korban serta uang yang ada di rekening korban.

"Korban (Bagus) ini sering dimintai uang oleh tersangka (ZI) dan yang terakhir, dari rekening M-Banking nya dipindah ke rekening tersangka," ungkapnya.

Sementara itu, berhasilnya ZI ditangkap oleh jajaran Tim Subdit III Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim, bermula dari identifikasi jenazah bagus yang ditemukan telah membusuk di semak-semak.

Setelah identifikasi, tim Jatanras Polda Jatim pun melakukan penyelidikan hingga akhirnya pada Jumat (15/4/2022) lalu, ZI pun tertangkap di kediamannya di Jalan Kyai Tamin, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang.

Dua kali tim Jatanras Polda Jatim melakukan olah TKP dan reka adegan, yakni pertama dilakukan di tempat pembuangan mayat Bagus di Kabupaten Pasuruan dan kedua tim Jatanras Polda Jatim mendatangi rumah tersangka.

"Dari hasil lidik, terungkaplah mayat itu korban pembunuhan. Setelah kita kembangkan bahwa tersangka itu ZI," tuturnya.

Hingga saat ini, Polda Jatim baru merilis satu tersangka pembunuh Bagus, yakni ZI. Tak hanya itu, pacar korban berinisial TS dan ibunya telah menjalani pemeriksaan di Polda Jatim beberapa waktu lalu.

Kasus yang masih terus didalami ini, tak menutup kemungkinan ada tersangka lain yang bisa saja masih berkeliaran.

"Pacarnya sudah kami periksa semua. Masih satu tersangka. Penyelidikan masih terbuka. Tapi tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES