Kesehatan

Penuhi Nutrisi Saat Ramadan, Ini 5 Sumber Vitamin C Bekal Puasa

Kamis, 21 April 2022 - 08:29 | 63.97k
Gambar untuk aneka makanan yang menyehatkan kaya akan vitamin c. (foto: hellosehat.com)
Gambar untuk aneka makanan yang menyehatkan kaya akan vitamin c. (foto: hellosehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAVitamin C merupakan sumber nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Saat puasa seperti Ramadan saat ini, vitamin C yang cukup juga akan membantu seseorang dalam melakukan penyerapan zat besi sehingga mencegah anemia.

Maka sangat dianjurkan untuk menambah asupan vitamin c selama Ramadan. 

Berikut makanan yang banyak mengandung vitamin c dan wajib tersedia selama berpuasa: 

 1. Jambu Biji

Buah jambu biji memiliki rasa yang manis dan kaya akan kandungan vitamin c. Ada dua cara untuk mengonsumsi yakni dengan cara diminum dan dengan cara dimakan. bagi yang tidak sempat untuk mengupas buah ini, bisa dijus kemudian dinikmati dengan aneka jajanan yang cocok. 

 2. Jeruk 

Siapa yang tidak asing dengan salah satu buah ini, dan banyak orang pun juga mengetahui jika buah jeruk juga sangat kaya akan vitamin c. Oleh karenanya, tidak heran jika selalu dijadikan obat alami untuk menghilangkan sariawan dan panas dalam. 

 3. Pepaya

Buah pepaya umumnya dipercaya dapat melancarkan pencernaan. Tidak itu saja, pepaya juga mengandung vitamin c yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu, pepaya juga salah satu buah yang tidak boleh dilupakan di meja makan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima selama berpuasa. 

 4. Kentang

Kentang rupanya mengandung vitamin c dan merupakan makanan yyang cukup mengenyangkan sehingga bisa menjadi alternatif untuk menggantikan nasi. Hal ini bisa menjadi rekomendasi jika malas untuk memulai sahur dengan nasi, bisa menggantinya dengan kentang. 

 5.  Brokoli

Brokoli bisa menjadi salah satu menu untuk sahur dan berbuka dan dapat dicampur dalam hidangan sup, cap jay, dan aneka tumisan. Untuk akhir-akhir ini, banyak trend inovasi baru seperti brokoli krispi. Ini juga bisa dijadikan contoh, atau inspirasi menu hidangan snack yang tetap sehat. 

Inilah beberapa makanan yang dapat menghasilkan banyak vitamin c yang membuat tubuh sehat dan bugar. Terlebih selama berpuasa, maka makanan teresebut termasuk hidangan yang aman dan alami untuk dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES