Wisata

Tugu Katulistiwa, Monumen Equator Kebanggaan Indonesia di Pontianak

Kamis, 21 April 2022 - 06:12 | 58.82k
Tugu Katulistiwa di dalam gedung Monumen Equator, Pontianak. (FOTO; Indonesia Kaya)
Tugu Katulistiwa di dalam gedung Monumen Equator, Pontianak. (FOTO; Indonesia Kaya)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPontianak, sebuah kota di Kalimantan Barat menjadi tempat yang memilliki keunikan yang tiada duanya di dunia. Pasalnya kota ini menjadi kota o derajat garis equator atau katulistiwa. Karena itu, dibangunlah Tugu Katulistiwa atau Monumen Equator.

Tugu yang terletak tepat di tengah-tengah bumi belahan utara dan selatan ini dibangun pada tahun 1928. tugu ini tepatnya berada di Jalan Khatulistiwa, Kecamatan Pontianak Utara, Kalimantan Barat. Tempat ini dapat diraih dalam 30 menit dari pusat kota Pontianak.

Tugu-Katulistiwa-di-dalam-gedung-Monumen-Equator-2.jpg

Tugu ini awalnya dibangun oleh pakar geografi dari Belanda. Tanpa menggunakan GPS dan alat-alat canggih para pakar geografi menetukan tempat ini sebagai titik nol derajat pemisah bumi belahan selatan dan utara. Mereka hanya menggunakan penggaris tradisional dn ilmu yang mereka miliki.

Tugu ini memiliki tinggi 3.05 meter. Hingga pada tahun 1990 dibuatlah replika tugu dengan ukuran 5 kali lebih besar dan kubah untuk menutupi bagian tugu asli untuk melindungi tugu dari terpaan cuaca buruk jika diperlukan.

Tugu-Katulistiwa-di-dalam-gedung-Monumen-Equator-3.jpg

Di dalam kubah pengunjung akan disuguhkan foto-foto yang menceritakan sejarah bangunan ini. Foto-foto ini berasal dari era 1930an hingga saat ini. Selain itu ada juga foto kunjungan  tokoh dalm negeri maupun manca negara.

Beberapa informasi penting tentang  dunia astronomi, seperti data bumi, tata surya, bintang, bulan, matahari dan galaxi juga ada di dalam Monumen Equator. Terdapat pula lukisan relief yang menggambarkan keadaan Kota Pontianak dan Tugu Khatulistiwa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES