Kopi TIMES

Memperbaiki Kualitas Tenaga Kerja Indonesia

Rabu, 20 April 2022 - 15:31 | 35.26k
Memperbaiki Kualitas Tenaga Kerja Indonesia
Lydia Putri, Statistisi Badan Pusat Statistik.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia dikenal sebagai negara dengan berbagai kekayaan alam  yang melimpah. Laut Indonesia memiliki lebih dari 8.500 spesies ikan dan mampu menghasilkan perikanan tangkap laut yang mencapai 6,5 juta ton per tahun. Hutan Indonesia memiliki 99,6 juta hektar luas lahan yang mampu menghasilkan berbagai jenis tanaman pangan, sayur-sayuran, buah-buahan, obat-obatan, dan beranekaragam jenis kayu.  Indonesia juga memiliki potensi minyak dan gas bumi yang melimpah dengan dukungan letak geografis yang begitu strategis. 

Selain potensi kekayaan alam, Indonesia juga dikaruniai sumber daya manusia yang melimpah. Hal ini terlihat dari kondisi bonus demografi yang sedang dialami Indonesia. Sehingga, saat ini jumlah penduduk usia produktif Indonesia jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk usia non-produktif. 

Negara Kaya yang Belum Kunjung Kaya

Sayangnya, kekayaan alam dan sumber daya manusia yang dimilikki Indonesia tak lantas membawa Indonesia menikmati kekayaannya. Alih-alih menjadi negara maju, Indonesia bahkan diumumkan mengalami penurunan kelas menjadi negara dengan penghasilan menengah ke bawah oleh situs resmi Bank Dunia pada Juli 2021 lalu. Meskipun di tahun 2021 Indonesia telah menempati urutan ke-16 sebagai negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di dunia, angka ini masih sangat kecil bila dibandingkan dengan banyaknya jumlah penduduk Indonesia.

Tidak hanya itu, di tengah berbagai kelimpahan sumber daya manusia, Indonesia masih harus mendatangkan tenaga kerja asing untuk dapat mengelola sumber daya alamnya. Meskipun jumlah tenaga kerja asing terus menurun, data Kementerian Ketenagakerjaan per Mei 2021 menyebutkan bahwa  total tenaga kerja asing yang ada di Indonesia masih mencapai 95.058 orang.  

Rendahnya Kualitas Tenaga Kerja Indonesia 

Tentu saja ada yang salah dengan pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia. Hingga kini, Indonesia masih dikenal sebagai negara pengekspor kekayaan alam dan malah menjadi pengimpor barang jadi. Salah satunya adalah barang plastik yang menjadi barang keempat yang paling banyak di impor Indonesia pada April 2021 lalu.  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa impor barang plastik bahkan mencapai US$ 957 juta.  Hal ini menunjukkan betapa Indonesia masih belum mampu secara mandiri mengelola kekayaan alam yang dimilikki.

Data BPS pada Agustus 2021 juga menyebutkan bahwa 55,5% tenaga kerja Indonesia memiliki tingkat pendidikan SMP ke bawah. Mereka yang mampu menamatkan pendidikan di perguruan tinggi, hanya mencapai 12,8%. Sebuah kondisi yang cukup miris, sebab kita tahu pendidikan tenaga kerja tentu akan membawa kualitas pekerjaan yang baik. Jika memperhatikan kondisi ini, tak heran jika Indonesia masih akan terus  menjadi negara pengimpor barang jadi.  

Pentingnya Pemerataan Pendidikan

Memperbaiki pendidikan menjadi kunci penting dalam memperbaiki kualitas tenaga kerja Indonesia.  Pendidikan memang tidak secara instan menyelesaikan permasalahan pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Namun pendidikan adalah satu-satunya investasi yang mampu meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia di masa depan. 

Pemerintah dengan nyata terus mengupayakan pendidikan sebagai investasi dari pembangunan. Sebagaimana amanat UUD 1945 pasal 31 dan UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pemerintah telah merealisasikan anggaran pendidikan dalam tren yang terus meningkat. Sebagai contoh, realisasi anggaran pendidikan pada tahun 2010 ada sebesar Rp 216,72 triliun. Angka ini terus meningkat menjadi Rp 473,66 triliun pada 2020, dan menjadi Rp 541,7 triliun pada tahun 2022 ini. 

Sayangnya, pendidikan sebagai hak asasi belum dinikmati oleh seluruh penduduk Indonesia. Meskipun pemerintah telah merealisasikan anggaran pendidikan dalam tren yang terus meningkat, kondisi ini hanya dapat dinikmati oleh masyarakat yang ada di daerah tertentu. Terlihat dari bagaimana Angka Partisipasi Murni (APM) SMA/sederajat di Pulau Jawa dan Sumatera yang jauh berbeda dengan APM SMA/sederajat bagi Pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. 

Fasilitas perguruan tinggi berkualitas juga tidak hadir secara merata. Secara jelas, kampus-kampus besar dengan sokongan fasilitas yang baik hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa, Bali dan sebagian Pulau Sumatera. 

Pendidikan harus menjadi hak asasi seluruh penduduk Indonesia. Bukan hanya privilege bagi penduduk Pulau Jawa dan sekitarnya. Kita memang telah mencapai pertumbuhan pendidikan yang tinggi, namun pemerataan yang rendah adalah fakta yang masih belum dapat dihindarkan. Marathon pemerintah dalam memperbaiki kualitas tenaga kerja lewat pendidikan menemui sebuah dilema. Dimana harus ada pilihan prioritas, antara pertumbuhan pendidikan yang tinggi dengan pemerataan yang rendah atau pemerataan pendidikan yang tinggi dengan pertumbuhan yang rendah.  

Tidak ada solusi sempurna dalam menyelesaikan permasalahan kualitas tenaga kerja. Namun yang pasti, kebijakan yang tepat perlu lahir dari para pejabat yang telah mengemban amanat dari para  rakyat. Jangan hanya fokus pada pertumbuhan yang tinggi. Penting bagi pemerintah untuk mengupayakan pemerataan pendidikan yang juga tinggi. Sebab jika tidak, permasalahan besar yang menanti adalah ketimpangan kualitas tenaga kerja hasil dari egosentris pembangunan di Indonesia yang sangat menganak emaskan Pulau Jawa dan sekitarnya. 

***

*) Oleh: Lydia Putri, Statistisi Badan Pusat Statistik.    

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

____
**)
 Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Sholihin Nur

EKORAN

TERBARU

  • Mobil Bekas Toyota Kijang Laris di Mobilman
    Mobil Bekas Toyota Kijang Laris di Mobilman
    28/05/2022 - 06:31
  • Es Sereh Telang Lemon, Another Way to Enjoy Butterfly Pea Flower
    Es Sereh Telang Lemon, Another Way to Enjoy Butterfly Pea Flower
    28/05/2022 - 06:12
  • Nikmatnya Sarapan Pagi Kuliner Khas Blora, Nasi Pecel Mbah Jito
    Nikmatnya Sarapan Pagi Kuliner Khas Blora, Nasi Pecel Mbah Jito
    28/05/2022 - 05:15
  • Get an Exquisite Taste of Local Sambal at Resto Srasa Desa Madiun
    Get an Exquisite Taste of Local Sambal at Resto Srasa Desa Madiun
    28/05/2022 - 04:14
  • 3 Manfaat Merendam Kaki ke Air Garam Epsom, Coba Yuk
    3 Manfaat Merendam Kaki ke Air Garam Epsom, Coba Yuk
    28/05/2022 - 03:12

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • “Pentingnya Perlindungan PRT Melalui  RUU PPRT”
    “Pentingnya Perlindungan PRT Melalui  RUU PPRT”
    27/05/2022 - 17:45
  • The Social Dilemma: Menelisik Candu dan Algoritma Media
    The Social Dilemma: Menelisik Candu dan Algoritma Media
    27/05/2022 - 15:23
  • Nawa Cita Ala Kampus untuk Pengentasan Kemiskinan di Indonesia
    Nawa Cita Ala Kampus untuk Pengentasan Kemiskinan di Indonesia
    24/05/2022 - 16:57
  • Gerakan Credit Union: Suatu Upaya Kemandirian Ekonomi
    Gerakan Credit Union: Suatu Upaya Kemandirian Ekonomi
    24/05/2022 - 02:00
  • Tanaman Hias Bukan Sekadar Hiasan
    Tanaman Hias Bukan Sekadar Hiasan
    24/05/2022 - 01:44
  • Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    23/05/2022 - 17:35
  • Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    23/05/2022 - 16:02
  • Upaya Berkelanjutan untuk Maksimalkan Nilai Tambah SDA                                                
    Upaya Berkelanjutan untuk Maksimalkan Nilai Tambah SDA                                                
    21/05/2022 - 10:15

KULINER

  • Nikmatnya Sarapan Pagi Kuliner Khas Blora, Nasi Pecel Mbah Jito
    Nikmatnya Sarapan Pagi Kuliner Khas Blora, Nasi Pecel Mbah Jito
    28/05/2022 - 05:15
  • Oatmeal Yogurt, Menu Sarapan yang Bikin Awet Kenyang
    Oatmeal Yogurt, Menu Sarapan yang Bikin Awet Kenyang
    27/05/2022 - 01:33
  • Nikmati Makanan Indonesia, Mesut Ozil Sebut Pisang Goreng dan Rendang Enak
    Nikmati Makanan Indonesia, Mesut Ozil Sebut Pisang Goreng dan Rendang Enak
    26/05/2022 - 20:13
  • Toast Banana Caramelized, Menu Sarapan Mewah Nan Sehat
    Toast Banana Caramelized, Menu Sarapan Mewah Nan Sehat
    26/05/2022 - 04:29
  • Segarnya Es Leci Yakult Hempaskan Dahaga Seketika, Yuk Bikin!
    Segarnya Es Leci Yakult Hempaskan Dahaga Seketika, Yuk Bikin!
    24/05/2022 - 13:37