Gaya Hidup

5 Tips Olah Kolang Kaling Anti Langu dan Kesat

Selasa, 19 April 2022 - 06:52 | 55.83k
Kolang Kaling. (FOTO: resep.us)
Kolang Kaling. (FOTO: resep.us)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKolang kaling merupakan buah dari pohon aren. Biasanya kolang kaling banyak diburu saat Ramadan untuk dijadikan campuran es menu takjil maupun untuk manisan. 

Meramu kolang kaling menjadi hidangan nikmat ternyata tidaklah mudah. Perlu perlakuan khusus agar kolang kaling nggak langu dan kesat. 

Salah olah, kolang kaling akan lekas basi karena lendir yang masih menempel. 

Berikut tips olah kolang kaling anti langu dan kesat bebas lendir. 

1. Pilih kolang kaling muda

Biasanya pedagang kolang kalingakan menyerok kolang kaling untuk ditimbang. Namun, Anda jangan ragu untuk meminta izin untuk memilih kolang kaling yang masih muda (kenyal) dan teksturnya mulus. 

2. Lekas dicuci dan segera direbus

Sesampainya di rumah segera cuci kolang kaling dengan air mengalir. Lalu segera rendam dengan air hangat selama 2 jam, lalu dicuci kembali. 

Atau juga dapat merebusnya selama 10-20 menit dengan api kecil. 

3. Rendam air cucian beras

Selain direbus Anda juga dapat merendam dengan air beras selama 10-15 menit. Tujuannya untuk menghilangkan aroma khas langu sekaligus menghilangkan lenderi, ini membuat kolang kaling lebih kesat. 

4. Rebus menggunakan air gula

Kolang kaling direbus 2 kali untuk mendapatkan hasil terbaik. Setelah perebusan pertama dengan air saja, perebusan kedua dapat ditambahkan gula dan bahan aromatik sesusai selera, seperti daun pandan, cengkeh atau kayu manis.  

Selain bisa lebih awet, kolang kaling juga wangi. 

5. Rebus pakai sirup

Selain gula, Anda dapat merebus kolang kaling menggunakan sirup aneka rasa dan warna. Tentunya cara ini akan mengubah warna kolang kaling sesuai keinginan Anda. 

Perlu diingat, rebus dengan api kecil ya, supaya rasa dan warga meresap dalam kolang kaling dengan sempurna. Selamat mencoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES