News Commerce

Tips Aman Transaksi COD ala Ninja Xpress

Minggu, 17 April 2022 - 10:17 | 35.98k
MCO Ninja Xpress Andi Djoewarsa saat memaparkan tips aman transaksi COD. (Foto: Humas Ninja Xpress)
MCO Ninja Xpress Andi Djoewarsa saat memaparkan tips aman transaksi COD. (Foto: Humas Ninja Xpress)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAA – CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengatakan, menurut survei Jakpat yang dilakukan pada April - Juni 2021, mayoritas konsumen Indonesia masih memilih metode COD ketika berbelanja di e-commerce.

Survei ini juga menunjukan bahwa konsumen dengan tujuan pengiriman di luar pulau Jawa mendominasi dalam pembayaran menggunakan metode COD ini.

Hal ini dikarenakan sistem COD memberikan kemudahan bagi pembeli tanpa harus melakukan transaksi e-banking maupun datang ke gerai ATM atau minimarket untuk membayar. Pembeli juga merasa lebih tenang karena pembayaran dilakukan di tempat ketika paket sudah sampai. 

Namun, metode ini kemudian digunakan penipu dengan berbagai modus, misalnya pembeli dibujuk untuk membeli barang melalui iklan atau online store palsu, barang yang dibeli tidak sesuai deskripsi, dan bahkan dibujuk untuk membayar barang yang tidak mereka beli.

Pembeli biasanya baru menyadari penipuan setelah membayar barang dan membuka paket. Menurut situs Cekrekening.id, kasus penipuan online dari e-commerce dan jualan online di media sosial hingga September 2021 sudah mencapai 115.756 kasus.

"Sebagai konsumen yang cerdas, harus mengetahui cara -cara untuk menghindari aksi penipuan," jelas CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa melalui rilis tertulisnya, Minggu (17/4/2022).

Untuk menghindari kerugian akibat penipuan melalui metode COD, Ninja Xpress membagikan enam (6) tips transaksi COD yang aman. Pertama lakukan riset yang teliti. Belanja hanya dari e-commerce dan penjual yang terpercaya. Cek track record penjual, ulasan dari pembeli lain, dan apakah penjual memiliki beberapa akun yang berbeda. 

Kedua cek deskripsi dan harga barang. Apabila harganya terlalu murah maka kemungkinan ada penipuan. Jika memungkinkan, pilih pembayaran non tunai. Ketiga setelah memesan, pastikan tanggal pengiriman paket dan informasikan anggota keluarga jika tidak berada di rumah. 

Keempat pastikan paket yang sampai memang dari penjual yang sama dengan jenis barang yang memang dibeli. Jangan terima paket jika data tidak sesuai ataupun jika tidak merasa melakukan pembelian. Kelima lakukan pembayaran kepada kurir. Yang harus dipahami adalah pembeli baru dapat membuka paket setelah melakukan pembayaran. 

Keenam yang terpenting adalah ketika barang datang, jangan lupa untuk mengambill foto dan video unboxing. Hindari mengeluhkan kondisi isi paket kepada kurir karena kurir hanya menjadi perantara yang bahkan terkadang tidak memiliki kontak penjual. 

Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam penyelesaian masalah yang dialami oleh pelanggan atau konsumen akhir (end-consumer). Ninja Xpress menghadirkan peningkatan layanan konsumen (customer care) yang bebas repot dan tanpa drama.

Layanan Customer Care Ninja Xpress akan memberikan respons cepat atau tanggapan balik selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui email, dan maksimal 2x24 jam setiap hari. Tidak hanya itu, Ninja Xpress juga akan selalu berusaha menghadirkan Resolusi Tepat bagi setiap kebutuhan shipper ataupun konsumen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES