Olahraga

Mulai dari Kesehatan Mental Hingga Jantung, Ini Manfaat Penting Olahraga Tenis Bagi Kesehatan

Sabtu, 16 April 2022 - 18:35 | 157.23k
Tenis lapangan mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. (FOTO: Wallpaperflare.com)
Tenis lapangan mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. (FOTO: Wallpaperflare.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAOlahraga tenis saat ini tengah populer diantara para artis dan sejumlah selebgram nasional. Olahraga raket favorit di Amerika ini, ternyata pilihan yang tepat untuk kesehatan tubuh.

Tenis adalah olahraga lapangan yang dapat dimainkan secara berlawanan baik tunggal, ganda, atau sekedar bermain dengan tembok. Tidak seperti olahraga lain, tenis dapat dimainkan pada usia berapapun dari anak-anak hingga dewasa bahkan lanjut usia yang masih bisa menikmati permainan tenis.

Tenis merupakan aktivitas yang melibatkan seluruh tubuh, sehingga membuat tubuh tetap dalam kondisi prima. Berikut adalah manfaat tenis untuk kesehatan fisik dan mental

1. Kesehatan Mental

Permainan tenis yang melibatkan orang lain membuat tenis menjadi aktivitas sosial yang sempurna. Melalui permainan tenis, seseorang mampu bersosialisasi dan mengembangkan keterampilan sosial mereka.

Saat bermain tenis, pikiran dipaksa untuk tetap fokus pada teknik bermain. Bermain tenis akan meningkatkan kekuatan otak untuk berpikir kritis, kewaspadaan mental dan taktik bermain. Dengan demikian secara tidak langsung bermain tenis adalah cara yang bagus untuk membantu memerangi stress karena pikiran hanya tertuju pada permainan.

Bukan hanya itu saja, tenis membuat pemainnya lebih disiplin karena keterampilan yang dibutuhkan adalah kesabaran, waktu dan dedikasi. Banyak waktu yang dihabiskan untuk berlatih dan menjadi lebih baik dalam bermain tenis. Tidak hanya sekedar olahraga, tenis dapat meningkatkan suasana hati para pemain.

2. Meningkatkan motorik

Gerakan tenis dapat mendukung area kebugaran fisik. Dalam tenis dibutuhkan kontrol motorik saat anda menggerakkan lengan dan mengayunkan raket, pada saat yang sama otot inti dapat menstabilkan pinggul. Koordinasi gerakan lengan dan kaki membuat rotasi tubuh lebih stabil serta mengembangkan postural. Meningkatnya motorik maka akan meningkatkan kesehatan tulang, bermain tenis secara teratur dapat membangun tulang yang kuat.

3. Meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan dan kelincahan

Kerja sama seluruh tubuh dalam permainan tenis mengarahkan kaki, lengan dan tangan harus dalam posisi yang tepat. Lengan dan tangan memposisikan raket untuk melakukan kontak dengan bola, batang tubuh serta kaki memberikan kekuatan untuk mengirim bola. Koordinasi ini terjadi setiap memukul bola sehingga setiap pukulan membutuhkan fleksibilitas dan keseimbangan.

Pergantian gerakan yang konstan dalam tenis juga dapat melatih tubuh dan otak untuk beradaptasi lebih cepat, sehingga dibutuhkan kegesitan. Pemain harus dapat mengubah arah dengan pola gerakan maju-mundur, mempercepat dan memperlambat sehingga dapat menguasai lapangan.Fleksibilitas, keseimbangan dan keseimbangan sangat bagus untuk memberi rentang gerak yang lebih luas, membantu mencegah cedera dan bahkan mengurangi ketegangan otot.

4. Membakar kalori dan lemak

Faktanya, bermain tenis dapat membakar lebih banyak kalori dibanding aktivitas fisik lainnya. Berlari, berayun, meraih, dan berputar dalam tenis dapat membakar banyak kalori karena terus bergerak. Bermain tenis secara teratur bisa jadi latihan kardio yang terbukti dapat mengurangi lemak tubuh. penurunan kalori dan lemak dalam tubuh tergantung pada intensitas permainan.

Menurut sebuah studi Amerika (American dietetic Association), pemain rekreasional dapat membakar sekitar 600 hingga 1.320 kalori per dua jam sesi tunggal sementara dalam pemain kompetitif dapat membakar antar 768 hingga 1.728 kalori. (eliteclubs.com)

5. Melawan dan mencegah penyakit

Bermain tenis adalah latihan yang tepat untuk seluruh tubuh. Aktivitas aerobik dan anaerobik tenis berfungsi untuk memperkuat jantung, meningkatkan asupan oksigen dan membantu aliran darah menutrisi ke semua otot tubuh. Detak jantung yang meningkat membuat pernapasan menjadi lebih dalam dan lebih cepat sehingga meningkatkan oksigen dan aliran darah ke seluruh tubuh.

Permainan tenis yang optimal dapat mendukung kesehatan kardiovaskular yang penting untuk menurunkan resiko penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Tenis juga membantu menjaga kolesterol tetap rendah yang dapat mengurangi hipertensi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES