Kuliner

Dapoer Umma Resto Banyuwangi Hadirkan Menu Berbuka Kuliner Timur Tengah

Sabtu, 16 April 2022 - 14:37 | 104.31k
Sajian kuliner kambing guling di Dapoer Umma Resto. (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
Sajian kuliner kambing guling di Dapoer Umma Resto. (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIKuliner Timur Tengah kerap menjadi makanan yang diburu saat berbuka puasa di bulan Ramadan. Di Banyuwangi, untuk bisa mencicipi menu Khas Timur tengah ini tidaklah sulit. Datang saja, ke Dapoer Umma resto yang berada di Jalan MH. Thamrin, No 244, Giri, Banyuwangi.

Masuk ke resto ini, aroma Timur Tengah kental terasa. Baik, dari model bangunan maupun si pemilik resto ini sendiri yang tak lain, keturunan Yaman.

Di sini, tersedia berbagai menu Arabian food. Ada 4 varian nasi untuk menu harian reguler. Yakni nasi mandhi, kapsa, biryani dan kebuli. Dengan sajian lauk, kambing goreng, kambing bakar dan krengsengan kambing.

Pencinta nasi goreng pun bisa mencicipi menu nasi goreng kambing.

Dapoer-Umma-Banyuwangi-a.jpgAyam dengan nasi biryani khas timur tengah di Dapoer Umma Resto. (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

"Meski, nasi goreng ini menu lokal. Namun, kami tambahkan menu nasi goreng ini ke dalam daftar menu kami," ucap sang owner Dapoer Umma, Ahmad Saugi, Sabtu (16/4/2022).

Saugi mengaku menarik menu nasi goreng ke menu Arab karena ada tambahan kambing ke dalam nasi goreng. 

"Ada bumbu Arab yang kami masukkan di nasi goreng. Jadi, secara taste beda. Ada satu dua bumbu yang kami selipkan untuk bisa mengeluarkan cita rasa Arabnya. Saat ini ada tambahan menu baru. Yakni kebuli jordan dan roasted chiken," kata Ahmad Saugi.

Selain makanan, di sini pengunjung bisa  mencicipi berbagai minuman khas Arab. Seperti minuman rempah, kopi Arab dan shahi adeni. 

"Shahi adeni ini teh yang diberi tambahan cengkeh, kayu manis, jahe dan susu," ucapnya. Usai menyeruput shagi adeni, dijamin seluruh tubuh menjadi lebih hangat.

Selama Ramadan, resto ini menyediakan  berbagai paket berbuka puasa dengan menu khas Timur Tengah. Salah satunya menu yang ditawarkan selama ramadan, kambing oven dan kambing guling. 

"Di sini ada menu kambing oven dan kambing guling. Menu kambing guling ini kami buat setiap malam minggu di Bulan Ramadan," ucap suami Amalia ini.

Menariknya, menu kambing guling ini dibandrol mulai harga Rp 40.000 per porsi.
Menurut Saugi, masakan Timur Tengah ini khas dengan bumbu rempah yang kuat. Bahan utama kayu manis, kapulaga, jahe dan cengkeh. Hampir semua masakan Arab menggunakan bahan ini. 

"Selain beras basmati, bahan kapulaga kami datangkan dari India. Termasuk ada satu bumbu rahasia yang kami datangkan dari Arab," ucapnya.

Dapoer-Umma-Banyuwangi-b.jpgOwner Dapoer Umma, Ahmad Saugi (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

Bukan hanya menu makanan, di sini pengunjung juga bisa menikmati Kue-kue khas Arab. Seperti Om Ali. Yang biasa disebut dengan Kue Sultan. 

"Dinamakan kue sultan karena bahannya premium. Yakni pakai roti croissan, bahan kapulaga, kenari, almon, kayu manis dan siraman susu," jelasnya.

Kedepan, ada hari tertentu menghadirkan jajanan Om Ali. Harga dari Rp15.000 sampai Rp30.000. Ada juga jajanan pastel Arab.

"Biasanya full daging. Selain itu juga ada Sambusa, seperti pukis, sosis Solo, lumpia Semarang, dipadu jajanan lain Kurma dan madu," kata Ahmad Saugi pemilik Dapoer Umma resto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES