Peristiwa Internasional

Lethu Bhengu Batita 2 Tahun Asal Afrika Selatan yang Pandai Membaca

Sabtu, 16 April 2022 - 01:28 | 50.93k
Lethu Bengu, batita umur 2 tahun asal Afrika Selatan yang pandai membaca. (Foto: Ntombikayise Precious Bhengu / SWNS)
Lethu Bengu, batita umur 2 tahun asal Afrika Selatan yang pandai membaca. (Foto: Ntombikayise Precious Bhengu / SWNS)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gadis kecil berumur 2 tahun yang masih kategori Batita (bawah tiga tahun) dari Afrika Selatan menggemparkan internet setelah videonya diunggah beberapa waktu lalu. Lethu Bhengu ini mampu membaca di usianya yang cukup belia.

Dari video unggahan Now This News, gadis stersebut tak hanya membaca, gadis tersebut mampu  menyusun kalimat dalam bahasa Inggris dengan kertas model puzzle. Kertas terssebut  bertuliskan masing-masing satu kata didalamnya.

Satu persatu kata-kata dalam bahasa Inggris disusunnya dengan rapi. Gadis imut yang memiliki nama lengkap Lethu Lethukuthula Nongcebo Bhengu ini cukup lancar menyusun posisi kata-kata tersebut menjadi kalimat lengkap.

Lethu sesekali masih membuat kesalahan dengan meletakkan kata dengan posisi terbalik. Namun saat ibunya Ntombikayise Bhengu memberi tahu kesalahannya dia cukup sigap membetulkan posisi kata yang salah.

Video ini awalnya diunggah di akun pribadi Lethu di Tiktok @lethu_nanas. Akun ini dioperasikan oleh ibunya sendiri. Kebanyakan akun ini berisi kegiatan Lethu membaca sehari-hari. Hingga saat ini video Lethu sudah ditonton 6 juta lebih Tiktoker.

Sebagai informasi, Bhengu sendirilah yang mengajari Lethu membaca. Dia hanya mengenalkan Lethu dengan huruf-huruf kemudian mengenalkannya dengan kata-kata pendek. Selebihnya ketertarikan gadis kecil ini yang membantunya belajar dengan cepat.

Menurut Helthychildren.org, kemampuan Lethu membaca merupakan suatu hal yangluar biasa. Pasalnya, umumnya anak-anak akan mulai mampu membaca di usia 6 hingga 7 tahun. Anak-anak umumnya mulai belajar membaca saat berusia 4-5 tahun.

Kasus yang menimpa Lethu ini bisa dibilang istimewa. Pasalnya, Lethu Bengu mampu mengkomposisikan kalimat lengkap dalam Bahasa Inggris. Diketahui, batita Afrika Selatan ini sehari-hari menggunakan bahasa daerah saat berada di rumahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES