Kuliner

Ini Lho 4 Resep Kudapan Es Super Menyegarkan, Pas untuk Buka Puasa

Jumat, 15 April 2022 - 15:23 | 91.38k
Es blewah, cocok dihidangkan saat berbuka puasa. (Foto: travel.kompas.com)
Es blewah, cocok dihidangkan saat berbuka puasa. (Foto: travel.kompas.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat menjelang Maghrib, minuman es seringkali menjadi pilihan untuk buka puasa. Selain berfungsi memuaskan dahaga, rasa es yang manis dan memiliki beragam rasa membuat tenggorokan menjadi ‘lebih lega’ setelah seharian menahan lapar dan haus.

Berikut adalah beberapa resep es sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selain murah, resep es di bawah ini juga dijamin lebih ‘sehat’ karena buatan homemade sendiri. Apa saja? Yuk simak.

1. Es Blewah

Penggemar buah mirip labu ini? Maka resep es buah blewah ini wajib kamu coba. Kamu hanya membutuhkan es batu, air, larutan gula dan serutan buah blewah saja. Cara membuatnya yakni didihkan air dan gula pasir dengan perbandingan 1 liter dengan 1 kg gula, beri vanili dan pewarna merah secukupnya.

Setelah larut dan mendidih, angkat gula kemudian dinginkan. Taruh serutan buah blewah ke dalam gelas, beri gula dan es batu, kemudian tambahkan air secukupnya. Es blewah pun sudah siap disajikan. Resepnya mudah, kan?

2. Es Kelapa Muda

Buah kelapa muda bukan hanya berfungsi sebagai obat saja, buah ini memiliki segudang manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Tak jarang, buah satu ini juga sering dijual oleh para pedagang di pinggir jalan, diolah menjadi es misalnya. Bahan yang kamu butuhkan adalah daging kelapa muda yang sudah dikerok, gula cair, dan es batu.

Sama seperti sebelumnya, buatlah larutan gula dengan perbandingan 1 kg dengan 1 liter air, berikan sedikit vanili dan daun pandan wangi yang sudah diikat. Dinginkan gula. Setelah itu, masukkan daging buah kelapa ke dalam gelas, berikan gula dan es batu, serta tambahkan air kelapa hingga memenuhi gelas..

3. Es Dawet

Penyuka santan? Yuk coba resep es dawet satu ini! Kamu hanya membutuhkan cendol yang sudah siap saji, air gula jawa, santan, 2 lembar daun pandan, serta es batu yang sudah diserut. Pertama-tama, rebus gula jawa, gula pasir, dan air, aduk selama kurang lebih 20 menit. Selanjutnya, didihkan santan dengan menggunakan api kecil, jangan sampai pecah, tambahkan daun pandan agar semakin wangi. Angkat, kemudian saring.

Setelah semua bahan sudah matang, letakkan dawet ke dalam gelas, tambahkan juga gula merah cair dan es batu yang telah diserut tadi. Siram dengan kuah santan. Kamu juga bisa menambahkan potongan buah nangka, atau tape ketan untuk menambah cita rasa.   

4. Es Buah Soda

Minuman Sprite kini tidak hanya diminum biasa saja, melainkan diolah menjadi beraneka macam minuman seperti es buah.  Kamu hanya membutuhkan daging kelapa, semangka, jelly, nata de coco, selasih, melon, apel, cincau, susu kental manis, sirup, dan tentu saja sprite.

Letakkan semua buah, termasuk jelly, nata de coco, dan juga selasih ke dalam satu mangkok besar. Tuangkan secukupnya sprite dan tambahkan sirup dan susu kental manis sesuai selera. Aduk, dan berikan es batu agar semakin nikmat.

Bagaimana, resepnya sangat simpel kan? Yuk, segera coba resep di atas untuk menemani buka puasa, ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES