Pendidikan

UNW Mataram Buka Prodi Sarjana Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan

Kamis, 14 April 2022 - 13:54 | 112.49k
UNW Mataram kini miliki Program Studi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan.(Foto: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)
UNW Mataram kini miliki Program Studi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan.(Foto: Anugrah Dany/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Universitas Nahdlatul Wathan atau UNW Mataram membuka Program Studi (Prodi) baru, yakni Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Kebidanan. Izin oprasional kedua Prodi tersebut tertuang dalam SK nomor 268/E/O/2022 yang ditandatangai pada 8 April 2022.

Rektor UNW Mataram dr Lalu Abdul Muhyi Abidin menyampaikan, pembukaan prodi baru dilingkungan UNW Mataram tidak semata-mata mengikuti tren saja tetapi sebagai bentuk partisipasi kampus ini menjawab tantangan ke depan.

“Sebuah penantian yang cukup panjang setelah melakukan berbagai proses sejak tahun 2021. Alhamduillah, UNW Mataram telah memiliki program studi baru di Fakultas Kesehatan yakni Program S1 Studi Kebidanan  dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan,” kata Abdul Muhyi, di Mataram, Kamis (14/4/2022).

Abdul Muhyi menerangkan, pendidikan profesi bidan ini hadir untuk menjawab Undang-Undang Nomor 4/2019 yang menyatakan, untuk dapat berpraktik mandiri, bidan wajib mengambil pendidikan profesi. 

Disamping itu, pihaknya juga berjanji akan menjalankan amanah ini dengan penuh tanggung jawab dengan menciptakan tata kelola yang baik dan meningkatkan SDM yang dimiliki.

"Karena melihat tantangan ke depan yang dihadapi bangsa dimana kita bisa  berpartisipasi mengatasinya dengan cara mengeksplor prodi-prodi baru. UNW Mataram juga terus meningkatkan kualitasnya, targetnya kita bisa segera unggul,” paparnya.

Dengan diterbitnya izin pendirian satu  program studi baru bidang Kesehatan maka jumlah prodi di UNW Mataram menjadi 23 prodi. 

Masyarakat NTB tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar daerah untuk mengenyam pendidikan S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Kebidanan.

“UNW Mataram sudah menyiapkan wadahnya.  Untuk mendapatkan izin ini juga tidak mudah,” tandasnya.

Abdul Muhyi menambahkan, UNW Mataram akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang bermutu dengan biaya yang terjangkau bagi mahasiswa yang masuk di Fakultas Kesehatan.

“Jangan lagi ada anggapan di tengah masyarakat bahwa masuk Kesehatan biayanya mahal,” ucapnya.

Kepala BAUK H Muhamad Syukri mengungkapkan, dengan diterbikan izin pendirian ini Prodi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi siap menerima mahasiswa mulai tahun akademik 2022/2023 karena dari sisi fasilitas sudah memadai.

“Jauh-Jauh hari sebelum pengajuan izin, semua fasilitas sudah kita siapkan. Sehingga begitu izin turun dari pusat kita siap menerima mahasiswa,” katanya.

“Semoga program studi baru ini mampu memberi jawaban kepada lulusan SMA/SMK/MA di NTB yang ingin melanjutkan studinya ke S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Kebidanan di UNW Mataram,” imbuh Muhamad Syukri.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES