Kopi TIMES

Angelina Sondakh, Ramadan dan Bulan Anti Korupsi

Kamis, 14 April 2022 - 09:22 | 55.08k
Angelina Sondakh, Ramadan dan Bulan Anti Korupsi
M. Noor Harisudin
Pewarta: | Editor: Dody Bayu Prasetyo

TIMESINDONESIA, JEMBER – JEMBER - Baru-baru ini, Angelia Sondakh menghadiri dialog bersama Rosiana Silalahi di TV Kompas. Adalah sebuah keberanian, Angie—demikian saya sebut nama populernya—dapat berbicara di depan publik, sejak tenggelam dalam 10 tahun yang silam. Ia mengaku jika sebetulnya ia berat dan sedikit trauma karena selama ini media terlalu memborbardirnya sebagai orang yang korup. Namun, dengan pertimbangan berbagai hal, ia akhirnya memproklamirkan ‘pertaubatannya’ di depan publik. Angie ingin, agar masyarakat Indonesia tak melakukan kesalahan yang sama dalam korupsi. (Rabu, 6/4/2022).

Fenomena Angie memang menarik. Seorang Putri Ratu Kecantikan di tahun 2001, lalu melejit menjadi anggota DPR RI (2004-2014)  dan tak lama kemudian masuk dalam jeruji besi pada tahun 2012. Kurang lebih sepuluh tahun, Angie bergulat dengan dirinya. Kini, Angie sudah bebas dari penjara, hanya ia sudah keadaan remuk redam dalam keadaan habis segalanya; kedudukan, harta, kepercayaan (trust) dan tentu harga diri. Angie sadar akan hal ini karena itu Angie ingin memulai dari titik nol.

Kasus Angie sesungguhnya merupakan alarm bagi para penguasa hari ini. Siapa saja yang berkuasa; eksekutif, legislatif maupun yudikatif  harus mampu menahan diri. Nikmat kekuasaan tak boleh melupakan amanat rakyat. Justru, kekuasaan tanpa makna jika tidak dilakukan dengan amanah dan berorientasi pada manfaat. Puasa adalah momentum reminder peringatan dini. Pesan inilah yang ingin disampaikan Angie pada publik, meski ia sadar tak semua orang akan mudah menerimanya saat ini. 

Islam dan Korupsi
Sejak awal, Islam menolak korupsi. Allah Swt. berfirman: “Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain diantara kamu dengan jalan yang batil dan janganlah kamu membawa urusan harta itu pada hakim supaya kamu dapat memakan sebagian daripada harta benda orang lain dengan jalan berbuat dosa, padahal kamu mengetahui ”. (QS. Al-Baqarah: 188).

Dalam pandangan Qurais Syihab (2016), termasuk yang dikatakan batil dalam ayat ini, adalah menyogok. Dalam ayat ini, menyogok diibaratkan perbuatan menurunkan timba ke dalam sumur untuk memperoleh air. Timba yang turun memang tidak terlihat orang lain. Di sini, penyogok menurunkan keinginannya pada yang berwenang untuk memutuskan sesuatu, tetapi secara sembunyi-sembunyi penyogok mengambil sesuatu secara tidak sah.

Ketika ke Yaman, Muadz bin Jabal diberi pesan penting oleh Nabi Muhammad Saw. “ Janganlah kau mengambil sesuatu apapun tanpa izin saya karena hal itu adalah ghulul dan barang siapa melakukan ghulul, maka ia akan membawa barang yang digelapkan atau korupsi itu pada hari kiamat. Untuk itulah, saya memanggilmu”. (HR. at-Tirmizi).
Dalam hadits ini, Nabi Saw. sudah sangat antispiatif menanggulangi konflik kepentingan antara petugas dan pendakwah agama. Seorang petugas –seperti Muadz bin Jabal dilarang menerima pemberian apapun selain apa yang ditetapkan dalam al-Qur’an.

Terma ghulul pada tahun 10 H saat itu mencakup bukan hanya harta rampasan perang, namun Ghulul juga mencakup harta lain seperti zakat, jizyah, uang tip, pelicin dan uang keamanan. Dalam berbagai kesempatan, Nabi Saw. juga kembali menegaskan tentang larangan ghulul atau korupsi. “Dari Abu Humaid as-Saidi, bahwa Rasulullah Saw. bersabda: Pemberian pada para pejabat adalah ghulul (penggelapan/korupsi), (HR. Ahmad).

Nabi Saw. sadar jika seorang pejabat diperbolehkan menerima hadiah dan berbagai pemberian dari rakyat, maka berbagai hadiah untuk pejabat seperti risywah, penyuapan atau gratifikasi. Berbeda halnya jika berbagai hadiah diberikan pada orang yang bukan pejabat atau teman, maka hadiah ini merupakan tindakan yang justru dipuji oleh agama.

Bulan Anti Korupsi: Jalan Sad Dzariah
Bulan Ramadan sejatinya adalah bulan antikorupsi. Karena bulan Ramadan identik dengan ibadah puasa yang memiliki makna al-imsak, yaitu menahan diri. Menahan diri dalam puasa mencakup arti yang lebih luas, termasuk menahan diri dari perbuatan korupsi. Tak heran jika seorang Pimpinan KPK –Nurul Ghufron--mengkaitkan puasa dengan perbuatan antikorupsi. 

Bulan anti korupsi selama Ramadan dilakukan dengan dua hal; menutup pintu jalan menuju perbuatan korupsi pada satu sisi. Dan pada sisi lain, bulan anti korupsi juga dikokohkan dengan cara membuka jalan adanya sistem yang tanpa korupsi. Islam sangat concern dengan membuka dan menutup jalan korupsi.

Dalam Islam misalnya, kita mengenal sad dazriah. Sad Dzariah berarti menutup pintu yang menuju pada kerusakan (korupsi). Semua jalan yang menuju perbuatan korupsi harus ditutup. Bulan antikorupsi, oleh karenanya, bisa dimulai dari melakukan perbuatan antikorupsi yang kecil maupun remeh temeh. ASN misalnya tidak pulang sebelum waktunya pulang. Guru tidak meninggalkan mengajar pada waktu semestinya mengajar dan juga perbuatan lainnya.

Sebaliknya, Islam juga membuka sistem yang mengarahkan untuk selalu terbuka (opened system), akuntabel dan transparan. Kita menyebutnya dalam agama dengan istilah fath dzariah. Fath Dzariah adalah membuka pintu yang menjadi jalan kebaikan. (Abu Zahro: tt). Oleh karena itu, mulailah Fath Dzariah ini dengan jujur dalam transaksi –misalnya memberi kuitansi yang seadanya sesuai dengan transaksi yang dilakukan. 

Walhasil, dengan sad dzariah dan fath dzariah ini, budaya antikorupsi akan semakin menguat bahkan menjadi mainstream di negeri ini.  Budaya antikorupsi ini akan menguatkan regulasi di negeri ini seperti Undang-Undang No. 31 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Dalam konteks ini, Angie seolah mengingatkan kita semua untuk kembali pada al-Qur’an dan al-Hadist serta regulasi antikorupsi di negeri ini. Semoga.

Wallahu’alam. (*)

*) Penulis M. Noor Harisudin, adalah Guru Besar UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember; Dekan Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember; Ketua PP Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara-Hukum Administrasi Negara; dan Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian dan Pelatihan MUI Jawa Timur.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

EKORAN

TERBARU

  • Ra Khalil As'ad Sambut Baik Doa Bersama Ribuan Ulama untuk Perdamaian Dunia
    Ra Khalil As'ad Sambut Baik Doa Bersama Ribuan Ulama untuk Perdamaian Dunia
    21/05/2022 - 16:54
  • Imbas Wabah PMK, Pembeli Daging Sapi di Majalengka Menurun
    Imbas Wabah PMK, Pembeli Daging Sapi di Majalengka Menurun
    21/05/2022 - 16:49
  • Kementerian PUPR RI: Ruas Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 Hingga Seksi 3 Rampung
    Kementerian PUPR RI: Ruas Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 Hingga Seksi 3 Rampung
    21/05/2022 - 16:44
  • Hadiri Pelantikan Pengurus KATGAMA Periode 2021-2024, Begini Kata Menteri PUPR RI
    Hadiri Pelantikan Pengurus KATGAMA Periode 2021-2024, Begini Kata Menteri PUPR RI
    21/05/2022 - 16:32
  • Kementerian PUPR RI Mulai Bangun Empat Jembatan Gantung di Aceh Tahun ini
    Kementerian PUPR RI Mulai Bangun Empat Jembatan Gantung di Aceh Tahun ini
    21/05/2022 - 16:28

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Upaya Berkelanjutan untuk Maksimalkan Nilai Tambah SDA                                                
    Upaya Berkelanjutan untuk Maksimalkan Nilai Tambah SDA                                                
    21/05/2022 - 10:15
  • Perempuan dan Akses Sumber Daya Alam di NTT
    Perempuan dan Akses Sumber Daya Alam di NTT
    21/05/2022 - 03:38
  • Metropolitan Pesisir Malang
    Metropolitan Pesisir Malang
    20/05/2022 - 12:09
  • Bangkit Berbudaya
    Bangkit Berbudaya
    20/05/2022 - 10:48
  • Bidan Praktik Mandiri Harus Profesi Bidan
    Bidan Praktik Mandiri Harus Profesi Bidan
    19/05/2022 - 19:24
  • Catatan Atas Pembentukan Partai Mahasiswa Indonesia
    Catatan Atas Pembentukan Partai Mahasiswa Indonesia
    19/05/2022 - 17:11
  • Urgensi Budaya Literasi di Era Digital
    Urgensi Budaya Literasi di Era Digital
    19/05/2022 - 05:35
  • Kongres III PERGUNU: Perlu Keberanian Menata Sistem Organisasi Profesi Guru
    Kongres III PERGUNU: Perlu Keberanian Menata Sistem Organisasi Profesi Guru
    19/05/2022 - 03:33

KULINER

  • Bolu Batik Ginding Asal Majalengka Raih Juara Lomba Kreasi Kuliner
    Bolu Batik Ginding Asal Majalengka Raih Juara Lomba Kreasi Kuliner
    21/05/2022 - 14:06
  •  4 Makanan Mahal Luar Negeri dengan Harga Terjangkau di Indonesia
     4 Makanan Mahal Luar Negeri dengan Harga Terjangkau di Indonesia
    19/05/2022 - 08:25
  • Pesona Cafe Laut Semare Binaan Potensial HCML
    Pesona Cafe Laut Semare Binaan Potensial HCML
    18/05/2022 - 20:34
  • Menikmati Suasana Kupatan Ala Ijen Suites Resort & Convention Malang
    Menikmati Suasana Kupatan Ala Ijen Suites Resort & Convention Malang
    18/05/2022 - 01:33
  • Emil Dardak Penasaran Paru Babat Nggongso Probolinggo
    Emil Dardak Penasaran Paru Babat Nggongso Probolinggo
    16/05/2022 - 19:38