Pemerintahan

Soal Wacana Presiden Tiga Periode, Ini Tanggapan Bobby Nasution dan Gibran

Rabu, 13 April 2022 - 15:22 | 50.44k
Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (FOTO: Kompas.com)
Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (FOTO: Kompas.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka turut angkat bicara soal penundaan Pemilu 2024 dan wacana perpanjangan masa jabatan Joko Widodo menjadi presiden tiga periode melalui amendemen UUD 1945.

Bobby mengatakan, Kepala Negara sudah menegaskan pemilu akan digelar sesuai jadwal, dan memerintahkan menteri menterinya setop wacana tersebut. Bahkan kemarin kata dia, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Anggota Bawaslu juga sudah dilantik.

"Bapak Presiden sudah mengeluarkan statement salah satunya bahwa KPU sudah dilantik kemarin akan menjalankan tugas dan salah satunya mempersiapkan baik pemilu atau pilkada pada 2024,"  ujar menantu Presiden Jokowi itu, Medan, Rabu (13/4/2022)

Jadi, ia pun mengajak masyarakat untuk tak khawatir dengan wacana itu. Sebab pemilu tetap akan berlangsung tahun 2024 nanti. "Sudah berkali-kali juga presiden mengatakan ikut konstitusi," ujarnya.

Sebelumnya, Gibran juga menegaskan menolak penundaan Pemilu 2024 dan  perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode. Putra sulung dari Jokowi tersebut bahkan mau ikut jika ada yang menggelar demo untuk menolak wacana itu.

"Nek ono demo aku kandanono. Tak melu menolak (kalau ada demonstrasi tolong saya dikabari. Saya mau ikut)," katanya kepada wartawan di Pasar Legi, Selasa (12/4/2022).

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi memang berkali-kali mengatakan tak akan mendukung wacana presiden tiga periode dan penundaan Pemilu 2024. Kata dia, jika itu dilakukan maka secara otomatis akan melanggar konstitusi dan semangat reformasi.

Masyarakat dan mahasiswa pun merespon ketakutan itu akan terjadi. Demo 11 April kemarin pun meledak di berbagai daerah. Salah satunya menolak keras hal itu. Bahkan, Presiden Jokowi diminta untuk tak segan mencopot menteri-menteri yang ikut andil dalam wacana presiden tiga periode dan penundaan Pemilu 2024 tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES