Kuliner

Mie Jawa Guntur, Kuliner Legendaris Probolinggo yang Wajib Dicoba

Selasa, 12 April 2022 - 10:55 | 107.01k
Mie Jawa  Mbak Ru Kota Probolinggo (FOTO: Sri Hartini/ TIMES Indonesia)
Mie Jawa Mbak Ru Kota Probolinggo (FOTO: Sri Hartini/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Ada kuliner legendaris di Kota Probolinggo, yang kini diburu pengunjung untuk buka puasa. Masakan ini sudah berdiri sejak lama. Masakan yang juga terbilang khas Probolinggo ini adalah mie jawa.  

Warung Mie Jawa Mbak Ruatau yang juga dikenal dengan mana Mie Jawa Guntur yang legendaris ini berada di Jalan Imam Bonjol, No. 75 Kelurahan Mangunharjo, Kecamamatan Mayangan Kota Probolinggo. 

Warung mie jawa ini sudah ada sejak tahun 1955. Saat ini warung mie jawa ini dilanjutkan oleh Siti Rohma, yang merupakan generasi ke dua. 

Warung-Mie-Jawa-Mbak-Ru.jpgWarung Mie Jawa Mbak Ru, Jalan Imam Bonjol No. 75 Mangunharjo Mayangan Kota Probolinggo. (FOTO: Sri Hartini/ TIMES Indonesia)

Racikan bumbu tradisional khas mie jawa, membuat kuliner ini banyak diburu saat berbuka puasa. Cara masaknyapun istimewa.  Mie di sini dimasak dengan menggunakan tungku yang menggunakan arang. Jadi aroma dan kematangannya sangat pas. 

Mie jawa ini nikmat jika disandingkan dengan tambahan telor asin dengan minuman teh hangat. 

Warung mie jawa ini mengunakan bumbu racikan tauco yang dikombinasikan dengan baceman bawang putih, irisan bawang prei atau  bawang daun. Mie yang digunakan juga berbeda. Mie yang digunakan adalah mie bulat yang biasa disebut jadul  bernama mie telor matahari.

Mie jawa ini juga menggunakan sayur kecambah atau toge, dengan ditambah daun seledri untuk tambahan aroma. Selain itu, mie jawa ini, juga di beri daging ayam kampung.

"Daging ayam kampung dipilih karena sehat dan alami, juga menambah rasa gurih pada mie jawa ini,” kata Siti Rohma.

Di bulan Ramadan kali ini, warung mie ini buka mulai pukul 18.00 sampai pukul 22.00 WIB. Dalam sehari, warung mie ini bisa menghabiskan 3-5 kilogram mie dan sayur toge, untuk 40-50 bungkus atau porsi dengan harga Rp 15 ribu per bungkusnya. 

Bagi anda yang ingin berbuka puasa dengan menu mie,  Mie Jawa Mbak Ru ini bisa jadi rujukannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES