Kesehatan TIMES Ramadan

Lima Buah Ini Sangat Bermanfaat Dikonsumsi Saat Puasa

Selasa, 12 April 2022 - 00:11 | 104.80k
Lima Buah Ini Sangat Bermanfaat Dikonsumsi Saat Puasa
Khoirun Nisak, Amd.Gz Ahli Gizi RS Rizani Paiton Probolinggo, Jawa Timur. (FOTO: Khoirun Nisak for TIMES Indonesia)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOMengonsumsi buah saat puasa sangatlah penting, guna menjaga asupan nutrisi. Buah banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan tubuh terlebih bila diskonsumsi saat puasa. 

Ahli Gizi dari Rumah Sakit Rizani, Paiton Probolinggo, Khoirun Nisak, memberikan rekomendasi lima buah yang bermanfaat dikonsumsi saat berpuasa. 

"Pada bulan Ramadan, kita harus tetap bisa menjaga kesehatan dan mobilitas tubuh selama berpuasa, salah satunya dengan cara mengkonsumsi buah-buahan, sebab buah dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Ini karena buah banyak mengandung serat dan nutrisi,” kata dia.

Buah.jpg

“Saat berpuasa, sangat disarankan mengkonsumsi buah, karena buah-buahan kaya manfaat yang dapat menunjang berbagai aktivitas selama berpuasa,” katanya lagi.

Berikut jenis buah-buahan yang bemanfaat dikonsumsi selama bulan Ramadan.

1. Pisang
Buah pisang adalah nutrisi alami untuk mengatur kadar gula darah. Pisang kaya akan nutrisi alami yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah kandungan serat pektin. Kandungan pisang yang satu ini diyakini sebagai nutrisi yang penting untuk mengatur kadar gula darah. 

Pisang juga kaya serat yang baik untuk tubuh. Satu buah pisang yang berukuran sedang setidaknya mengandung tiga gram serat. Kandungan tersebut menjadikan pisang sebagai salah satu sumber serat alami yang baik untuk kesehatan. Manfaat serat sangat banyak untuk tubuh, salah satunya adalah melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan yang mungkin masalah pencernaan ini terjadi saat bulan puasa.

Buah pisang juga dikenal sebgai buah rendah kalori, yang berguna untuk menurunkan berat badan.
Meski banyak mengandung gula, tetapi kandungan yang ada di dalam pisang adalah gula alami, sehingga cenderung rendah kalori. Rata-rata satu buah pisang mengandung 100 kalori. Kandungan pisang pun didukung dengan nutrisi lain seperti serat, vitamin C dan B6, kalium, dan antioksidan yang baik menurunkan berat badan.

Buah pisang juga tinggi akan antioksidan loh. yang mampu menangkal radikal bebas. Antioksidan sangat dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas serta membantu membuang racun di dalam tubuh. 
 
2. Pepaya
Papaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Buah pepaya diketahui mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Selain itu, kandungan vitamin A dalam buah ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan penglihatan yang berkaitan dengan pertambahan usia.

Tak banyak yang tahu kalau pepaya dapat memelihara kesehatan rambut dan kuku. Ragam vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah pepaya dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Buah dengan daging berwarna jingga ini bahkan bisa diolah menjadi masker rambut untuk menyuburkan dan melebatkan rambut.

Pepaya juga bermanfaat memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari. Pepaya mengandung zat antioksidan yang bernama likopen. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dapat menjaga kesehatan kulit. 

Buah pepaya juga mempunyai manfaat melancarkan pencernaan. Hal ini karena pepaya mengandung tinggi serat dan enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Buah ini cocok dikonsumsi saat berbuka puasa.

Selain itu, buah pepaya juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. ini membuat buah pepaya menjadi salah satu buah yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari penyakit infeksi, seperti pilek dan flu.

3. Semangka
Buah yang satu ini sangat digemari saat buka puasa. Ini karena semangka mengandung banyak air, yang memberikan kesegaran saat kita mengonsumsinya.

Buah semangka mempunyai banyak manfaat, diantaranya   buah semangka kaya likopen dan Antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan dini kulit. Semangka tanpa biji cenderung memiliki lebih banyak likopen ketimbang semangka dengan biji. Likopen yang kita konsumsi dapat berubah menjadi vitamin A, vitamin yang penting untuk kesehatan mata.

Buah semangka juga dapat menyehatkan jantung. Semangka juga memiliki kandungan asam amino yang disebut sebagai citrullineyang berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Buah semangka juga melindungi Persendian. Semangka memiliki jenis pigmen alami yang disebut beta-cryptoxanthin. ini bisa melindungi persendian Anda dari peradangan atau pembengkakan.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan semangka tersebut akan mengurangi progresivitas penyakit rheumatoid arthritis alias bengkak dan kaku pada persendian.

Kalau manfaat buah semangka yang satu ini, pastinya sudah banyak yang tahu. Yakni Menghidrasi Tubuh. 
Secara alami kandungan semangka meliputi 92% air dan gula alami. Jadi, bisa dikatakan mengonsumsi semangka bisa membuat Anda terhidrasi dengan cara yang nikmat.Setiap sel tubuh Anda membutuhkan air. Bila sedikit saja tubuh kekurangan cairan, maka Anda akan merasa lesu, lemah dan mengantuk.

Buah semangka juga dapat melancarkan pencernaan. Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat, kedua kandungan ini penting untuk pencernaan yang sehat. Serat dapat memberikan massa untuk feses Anda, sementara air dapat membantu menjaga saluran pencernaan Anda agar tetap lancar.Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan air dan serat seperti semangka akan membantu Anda untuk meningkatkan kinerja usus yang normal.

4. Melon
Buah melon juga banyak diburu oleh penikmat takjil saat bulan puasa. Ini karena buah melon juga banyak mengadung serat dan air. Buah melon memang terbukti menyegarkan, apalagi jika Anda konsumsi setelah berolahraga atau saat dalam keadaan lelah.

Buah melon bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini karena sebagian besar kandungan buah melon terdiri dari air dan elektrolit yang membantu Anda mencukupi kebutuhan cairan dan terhindar dari dehidrasi. Buah ini sangat cocok dikonsumsi saat berbuka dan sahur agar tubuh tetap terjaga selama bulan puasa.

Buah melon juga bisa menjaga kesehatan pencernaan. Selain dikenal dengan kandungan antioksidan, buah melon juga kaya akan serat di dalamnya. Sementara itu, serat merupakan komponen penting dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Oleh karenanya Buah melon menjadi salah satu rekomendasi buah yang baik dikonsumsi saat puasa. 

5. Jeruk
Buah yang satu ini juga sangat digemari saat puasa. Selain banyak mengadung air, rasa manis asamnya banyak digemari saat buka puasa. 

Buah jeruk juga memiliki manfaat bagi tubuh. Diantaranya dapat menurunkan kolesterol. Buah yang satu ini juga oke kok untuk membantu memangkas kolesterol jahat karena kandungan serat larut di dalamnya. 

Buah jeruk juga baik untuk mata. Menurut beberapa ahli, antioksidan yang ada di dalam jeruk bisa menangkal kerusakan pada mata.

Buah jeruk juga bermanfaat melindungi kulit. Buah jeruk juga bagus untuk melindungi kulit kita. Buah yang kaya vitamin C dan mengandung beta-karoten, antioksidan ini bisa melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Buah jeruk juga bisa melindungi Jantung. Kata ahli, kulit jeruk mengandung komponen penting seperti polymethosxylated flavones (PMFs) dan d-limonene yang bermanfaat untuk mengkatifkan detoksifikasi pada lever, menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan menjaga keseimbangan gula darah. Nah, ketiga hal itu amat berkaitan dengan kesehatan jantung.

Selain itu, buah jeruk juga bermanfaat untuk sistem pencernaan lebih baik, mendukung kesehatan tulang, memperbaiki suasana hati, mengontrol tekanan darah, menjaga Kesehatan Ginjal dan juga bisa mencegah anemia.

Nah, ituulah beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa. Yuk, mulai mengonsumsi buah agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalankan puasa Ramadan. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

EKORAN

TERBARU

  • AS Kehabisan Stok Susu Formula untuk Bayi
    AS Kehabisan Stok Susu Formula untuk Bayi
    23/05/2022 - 18:09
  • Dievaluasi Wagub Jatim, Begini Progres KEK Singhasari
    Dievaluasi Wagub Jatim, Begini Progres KEK Singhasari
    23/05/2022 - 18:04
  • Sukses di SEA Games 2021 Vietnam, Tim Review Berterima Kasih pada Menpora RI
    Sukses di SEA Games 2021 Vietnam, Tim Review Berterima Kasih pada Menpora RI
    23/05/2022 - 17:57
  • Usai Lawatan ke Arab Saudi, Ini Pesan Menag RI untuk JCH Indonesia
    Usai Lawatan ke Arab Saudi, Ini Pesan Menag RI untuk JCH Indonesia
    23/05/2022 - 17:52
  • Ramai di Twitter, Rumor iPhone 14 Rilis September Tahun Ini
    Ramai di Twitter, Rumor iPhone 14 Rilis September Tahun Ini
    23/05/2022 - 17:46

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    23/05/2022 - 17:35
  • Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    23/05/2022 - 16:02
  • Upaya Berkelanjutan untuk Maksimalkan Nilai Tambah SDA                                                
    Upaya Berkelanjutan untuk Maksimalkan Nilai Tambah SDA                                                
    21/05/2022 - 10:15
  • Perempuan dan Akses Sumber Daya Alam di NTT
    Perempuan dan Akses Sumber Daya Alam di NTT
    21/05/2022 - 03:38
  • Metropolitan Pesisir Malang
    Metropolitan Pesisir Malang
    20/05/2022 - 12:09
  • Bangkit Berbudaya
    Bangkit Berbudaya
    20/05/2022 - 10:48
  • Bidan Praktik Mandiri Harus Profesi Bidan
    Bidan Praktik Mandiri Harus Profesi Bidan
    19/05/2022 - 19:24
  • Catatan Atas Pembentukan Partai Mahasiswa Indonesia
    Catatan Atas Pembentukan Partai Mahasiswa Indonesia
    19/05/2022 - 17:11

KULINER

  • Sensasi Robusta Premium di KopiKOE Cafe Java Lotus Hotel Jember
    Sensasi Robusta Premium di KopiKOE Cafe Java Lotus Hotel Jember
    23/05/2022 - 16:55
  • Sosis Asam Manis, Olahan Praktis untuk Menu Sarapan
    Sosis Asam Manis, Olahan Praktis untuk Menu Sarapan
    23/05/2022 - 05:37
  • Es Sereh Telang Lemon, Menu Sehat ala Backyard Cafe
    Es Sereh Telang Lemon, Menu Sehat ala Backyard Cafe
    22/05/2022 - 23:14
  • Nasi Gurih Jeruk Purut, Menu Akhir Pekan yang Bikin Nagih
    Nasi Gurih Jeruk Purut, Menu Akhir Pekan yang Bikin Nagih
    22/05/2022 - 06:49
  • Majukan Kuliner Nusantara, Majalengka Exotic Food Menumbuhkan Pelaku Usaha Kuliner Berjati Diri
    Majukan Kuliner Nusantara, Majalengka Exotic Food Menumbuhkan Pelaku Usaha Kuliner Berjati Diri
    21/05/2022 - 22:45