News Commerce

Modifikasi Pelek Mobil, Usaha Ekonomi Kreatif di Bantul

Senin, 11 April 2022 - 16:50 | 73.05k
Usaha modifikasi pelek mobil di Bantul berlabel Jogja Restorasi Velg. (Foto: Istimewa)
Usaha modifikasi pelek mobil di Bantul berlabel Jogja Restorasi Velg. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BANTULModifikasi pelek mobil menjadi salah satu bentuk kreativitas untuk mempercantik tunggangan. Beragam model hingga ukuran velg bisa disesuaikan sesuai selera. Sejalan dengan hal itu, kemunculan modifikasi pelek merupakan bagian dari ekonomi kreatif di bidang otomotif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melihat besarnya potensi industri kreatif di Indonesia. Sandiaga mendorong pertumbuhan usaha ekonomi kreatif tersebut menjadi lebih kuat dan berkelanjutan.

Jogja Restorasi Velg bisa menjadi contoh dari usaha ekonomi kreatif  bidang otomotif. Berada di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, usaha ini mengkhususkan pada urusan modifikasi pelek mobil, atau disebut spesialis custom dan restorasi.

Lokasi usahanya berada di Jalan Imogiri Timur km.9, Kecamatan Pleret, Bantul. Di tempat ini, para pemilik mobil yang ingin memodifikasi pelek atau velg bisa datang. Mulai custom velg, repair velg, repaint velg, hingga repolish velg.

"Cocok buat para penggemar modifikasi. Kami juga melayani las aluminium, dan bubut," kata Nur Haji, pemilik Jogja Restorasi Velg kepada TIMES Indonesia, beberapa waktu lalu.

Modifikasi-Pelek-Mobil-2.jpg

Berdasar pengalaman, kata Nur Haji, custom velg biasanya dilakukan oleh penggemar modifikasi yang akan melebarkan pelek mobilnya, atau diganti jari-jarinya sesuai permintaan.

"Biasanya (yang melakukan custom velg) penggemar mobil-mobil yang agak kuno," imbuhnya.

Sedangkan layanan repair velg atau perbaikan pelek mobil berkaitan dengan kerusakan pada komponen tersebut.  

Modifikasi-pelek-mobil-b.jpg

"Pelanggan-nya mengalami velg pecah atau rusak atau habis kecelakaan," terangnya.

Untuk kasus kerusakan velg, kata Nur Haji, tenaga yang bertugas di Jogja Restorasi Velg akan memperbaikinya dengan membentuk kembali seperti kondisi semula. Bahkan dipercantik dengan dicat atau di-polish.

Selain modifikasi pelek mobil, di Jogja Restorasi Velg juga melayani las aluminium, dan bubut. Menurut Nur Haji, las aluminium untuk pelek mobil terbilang jarang bisa dilakukan. Namun, di tempatnya hal itu bisa dikerjakan.

Las alumunium berlaku tidak hanya untuk pelek mobil, tapi juga mesin blok atau material casting yang menggunakan aluminium. 
 
"Kalau ada keretakan atau pecah kita bisa memperbaikinya," ucap Nur Haji.

Jogja Restorasi Velg juga melayani pekerjaan bubut mesin. Nur menyebut spesifikasi mesin bubut yang dimiliki cukup bagus, sehingga bisa melayani apabila ada permintaan modifikasi untuk bubut.

Nur Haji mengatakan, kelebihan yang dimiliki oleh usaha yang digelutinya ini adalah mesin-mesin yang masih baru. Kondisi tersebut akan mempengaruhi kualitas hasilnya. 

Modifikasi-pelek-mobil-c.jpg

"Jadi pengerjaan dan tentu hasilnya lebih presisi," ujarnya sambil merinci berbagai alat yang digunakan oleh Jogja Restorasi Velg, baru dan dijamin presisinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES