Wisata

Prau Opak, Lokasi Ngabuburit Baru di Muara Sungai Opak

Minggu, 10 April 2022 - 17:00 | 42.72k
Pengunjung sedang menikmati perjalanan dengan perahu di Prau Opak. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Pengunjung sedang menikmati perjalanan dengan perahu di Prau Opak. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Anda ingin mencoba sensasi ngabuburit yang berbeda, Prau Opak dapat menjadi alternatif pilihan. Anda bisa menunggu waktu berbuka sambil berpetualang dengan perahu. 

Berlokasi di dusun Karang Tirtohargo Kretek Bantul, Prau Opak menawarkan sensasi berperahu di muara Sungai Opak. Untuk sampai lokasi pengunjung dapat masuk melalui pintu TPR Pantai Samas kemudian belok kiri ke arah timur sudah terdapat penunjuk arah.

Wisata Prau Opak dibuka sekitar Desember 2021. Wisatawan akan menikmati keindahan kekayaan alam di jalur menuju pantai selatan selama sekitar 20 menit.

Wisawatan dapat menikmati hamparan hutan mangrove dengan berbagai biota didalamnya, seperti camar laut, kepiting hingga biawak. Wisatawan juga bisa melihat megahnya jembatan Kretek II di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Untuk menikmati satu kali perjalanan cukup membayar Rp10.000.

Puas berpetualang dengan perahu, wisatawan dapat bersantai sambil menikmati makanan di lapak - lapak kuliner. Tersedia beragam hidangan, mulai dari yang tradisional seperti pecel hingga kuliner kekinian seperti tempura dan takoyaki. 

Sagiyo selaku koordinator pengelola Prau Opak saat ditemui TIMES Indonesia, Minggu (10/4/2022) mengatakan, meski baru sekitar 3 bulan dibuka namun jumlah pengunjung cukup ramai pada akhir pekan. Selain komunitas pesepeda, terdapat pula rombongan keluarga yang datang ke Prau Opak.

Melihat sambutan yang bagus dari masyarakat, pengelola akan terus membenahi fasilitas. Khususnya menghadapi libur lebaran saat wisatawan meningkat. Selain menambah jumlah perahu, juga akan disediakan wahana permainan anak. 

Sagiyo memastikan pembenahan seluruh fasilitas dibiayai secara swadaya oleh masyarakat, meskipun sudah terdapat beberapa investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya.

"Sejak awal warga sepakat Prau Opak lahir dari rakyat, dikelola rakyat dan keuntungannya dinikmati rakyat," tegas Sagiyo saat ditemui di sekretariat Prau Opak. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES