Kuliner

Hadir Sejak 1977, Sate Uyi Sindangkasih Majalengka ‎Tetap Eksis dan Melegenda

Sabtu, 09 April 2022 - 19:04 | 115.14k
Menu Sate Uyi Sindangkasih, Kabupaten Majalengka. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)
Menu Sate Uyi Sindangkasih, Kabupaten Majalengka. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Sesuai namanya, Sate Uyi Sindangkasih, warung sate di Kabupaten Mjalengka, Jawa Barat menyajikan mendu andalan sate kambing dan ayam. Namun, untuk yang bosan sate, di warung ini ada menu lain yang tak kalah populer, yakni oseng kepala kambing, oseng ampas kedelai hitam atau oseng ampas kecap. 

Warung sate Uyi Sindangkasih lokasinya tidak jauh dari Alun-alun Majalengka, bersebelahan dengan komplek perumahan Sindangkasih itu, membuat pelanggan memudahkan untuk datang ke rumah makan Sate Uyi Sindangkasih Majalengka.

Untuk sampai ke rumah makan Sate Uyi Sindangkasih Majalengka cukup mudah. Ada sebuah plang permanen dari seng dan besi tertancap di pinggir jalan raya sebelum pertigaan menuju Kulur dan Cibodas.

Sate-Uyi-Sindangkasih-2.jpg

Kuliner khas Majalengka ini, rupanya telah hadir sejak tahun 1977. Diteruskan oleh generasi keluarga Hj. Uyi. Ketika memasuki minggu kedua di bulan Ramadhan, saat acara buka bersama sudah mulai berlangsung, pengunjung harus pesan tempat dulu.

Cucu dari Hj. Uyi, Eno Aan mengatakan Sate Uyi Sindangkasih punya menu andalan sate dan oseng kepala. "Sehari-harinya bisa menghabiskan paling sedikit 30 kilogram daging," ujarnya, Jumat, (8/4/2022)

Eno menambahkan pengunjung yang datang ke tempatnya rata-rata pelanggan rombongan.

“Biasanya rombongan, biasanya berempat, terkadang lebih dari 10 orang rombongannya,” ujarnya.

Sementara itu, pengunjung setia Sate Uyi, Ajis mengatakan sate khas Uyi maupun oseng kepala kambingnya itu tidak tercium bau kambingnya.

“Biasanya kalau sate kambing itu kan ada bau-baunya gitu, di sini bau itu gak tercium,” ucapnya.

Sate-Uyi-Sindangkasih-3.jpg

Demikian juga Anisa, pengunjung lainnya. Sekalian ia memesan oseng kepala kambing, ia pun memesan oseng ampas kedelai hitam atau ada yang menyebutnya ampas kecap.

“Rasanya enak banget, dan adanya hanya di sini,” ujarnya.

Sebagai informasi, menu sate kambing itu Rp.25 ribu untuk sepuluh tusuk, oseng kepala kambing Rp.120 ribu satu porsi. (Herik Diana)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES