Kopi TIMES

Konten Kreator, Profesi Sekaligus Peluang di Era Pandemi Menuju Endemi

Sabtu, 09 April 2022 - 17:00 | 60.99k
Zalsabila Putri Fildzah, Mahasiswa Program Studi Ilmu  Komunikasi Universitas Widya Mataram Yogyakarta.
Zalsabila Putri Fildzah, Mahasiswa Program Studi Ilmu  Komunikasi Universitas Widya Mataram Yogyakarta.

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Semenjak kedatangan pandemi Covid-19 pada 2 Maret 2020 lalu memanglah menaruh banyak sekali pengaruh terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia. Khususnya dibidang ekonomi. Banyak dari mereka yang harus mendapatkan imbasnya dari situasi ini. Seperti meningkatnya jumlah volume masyarakat yang harus menduduki posisisebagai pengangguran. 

Hal itu bisa terjadi karena faktor kedatangan pandemi Covid-19 yang menyebabkan kerugian oleh beberapa pihak. Mulai dari perusahaan-perusahaan yang harus mengalami kerugian besar seperti, banyak perusahaan yang terpaksa harus melakukan aksi PHK terhadap karyawan sampai melakukan aksi pemotongan gaji karyawannya agar perusahaan tersebut dapat meminimalisir kerugiannya. Bahkan, dampak ekonomi ini juga ternyata berpengaruh besar bagi para wirausahawan baik kelas bawah maupun atas. Hal tersebutdapat kita lihat dari  berkurangnya pendapatan dan kunjungan dari para pelanggan mereka.

Pada saat kedatangan pandemi Covid-19 hingga bertransisi ke era endemi sekarang ini keadaan ekonomi masyarakat memang belum bisa dikatakan stabil kembali. Karena masih adanya kebijakan pemerintah pula yang membatasi aktivitas di luar rumah. Karena kendala tersebut membuat para masyarakat Indonesia mencari jalan alternatif bagaimana mereka bisa mampu bertahan hidup dalam situasi yang seperti itu.Akhirnya jalan alternatif yang mereka gunakan adalah memanfaatkan platform media digital yang mereka miliki untuk menciptakan sebuah karya. Salah satunya adalah menjadi seorang konten kreator.

Karena media sosial saat ini menjadi kebutuhan yang sangat pentingbagi masyarakat yang di mana berfungsi sebagai saranaberkomunikasi, informasi dan edukasi. Maka dari fungsinya tersebut dapat kita gunakan untuk melakukan kegiatan, salah satunya melakukan kegiatan berwirausaha dengan menjadi seorang Konten Kreator. 

Konten Kreator merupakan profesi yang di mana para pelakunya mampu melakukan kegiatan menuangkan ide dan pikirannya dalam melakukan pemasaran dengan metode Endorsement. Dilansir dari https://www.ekrut.com, terciptanya profesi Konten Kreator ini diharapkan mereka mampu bekerja dengan menciptakan konten atau media untuk dibagikan secara online mulai dari tulisan hingga video, layaknya seorang Blogger, Vlogger, dan Podcaster yang menjadi satu yang nantinya akan disebarkan melalui aplikasi media sosial yang sudah tersedia.

Menjadi seorang Konten Kreator memang tidak mengenal usia kita, dari mana kita berasal, ataupun bagaimana kepribadian kita. Semuanya punya hak untuk bisa menjadi seorang Konten Kreator.Namun menjadi seorang konten kreator juga bukanlah suatu perkara hal yang mudah untuk kita lakukan. Pasalnya kita harus memiliki ide sebagai dasar untuk menciptakan sebuah konten yang menarik agar bisa dilirik oleh para audiens. Juga harus memperhatikan beberapa faktor penting dalam menaikkan traffic content kita di media sosial.

Dengan memperhatikan beberapa faktor tersebut, maka konten yang kita tayangkan, akan menjadi lebih mudah untuk menarik simpati audiens karena setiap audiens pasti memiliki bidang ketertarikannya masing-masing. Dan itu justru akan memberikan peluang kita dalam mencari tambahan penghasilan di era masa transisi ini baik saat pandemi maupun endemi. Mulai dari pengadaan Endorsment, membuat konten tips and trick, video traveling hingga video edukasi. Semua itu bisa kita lakukan jika kita mau mencoba untuk menggali potensi kita ke hal yang mampu memberikan value positif kepada kita. 

Mengingat masa pandemi ini belum juga surut, pada akhirnya membuat banyak kerugian juga duka yang mendalam bagi hampir seluruh masyarakat. Namun, disisi lain dengan kita mengharuskan untuk mengurangi aktivitas diluar sana, ternyata keadaan ini bisa kita manfaatkan untuk mengolah kemampuan kita salah satunya adalah menjadi seorang konten kreator dengan memanfaatkan platform yang ada, dalam hal ini ialah media sosial. Dengan begitu, profesi Konten kreator ini bisa menjadi alternatif dalam meminimalisir permasalahan perekonomian yang sedang bergejolak saat ini.

***

*) Oleh: Zalsabila Putri Fildzah, Mahasiswa Program Studi Ilmu  Komunikasi Universitas Widya Mataram Yogyakarta.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES