Pendidikan

Pesantren Ramadan Penuh Cinta SD Islam Sabilillah Malang, Begini Suasananya

Rabu, 06 April 2022 - 17:15 | 56.43k
Kreatifitas siswa SD Islam Sabilillah dengan keterampilan Drumb dan vokal dengan menghadirkan shalawat Aleehya. (Foto: SD Islam Sabilillah Malang)
Kreatifitas siswa SD Islam Sabilillah dengan keterampilan Drumb dan vokal dengan menghadirkan shalawat Aleehya. (Foto: SD Islam Sabilillah Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Bulan Ramadan menjadi ajang untuk berlomba-lomba untuk meraih pahala dan ridla Allah SWT. SD Islam Sabilillah Malang pun turut memeriahkan kemuliaan Bulan Suci ramadan 1443 H dengan kegiatan pembukaan Pesantren Ramadan. Kali ini mengambil tema "Ramadan Penuh Cinta".

Pesantren Ramadan ini dilaksanakan secara virtual melalui streaming channel Youtube Sekolah Sabilillah. Acara diikuti seluruh siswa. Baik yang daring maupun luring, pada Selasa (5/4/2022).

Siswa kelas 5C SD Islam Sabilillah Malang, Saniya Azwa Nazara, turut bersyukur mendapat kesempatan membuka kegiatan dengan menjadi pembaca ayat Suci Al-Qur'an. Saniya melantunkan suaranya yang lembut dan berhasil menentramkan jiwa setiap yang mengikuti bacaannya dengan khusyuk.

Kepala SD Islam Sabilillah Malang, Nunik S. Hariarti, S.Pd., M.Pd juga turut memotivasi anak didiknya lewat sambutannya. Ia mengajak menyambut Ramadan dengan hati gembira serta penuh semangat dan keikhlasan dalam beribadah puasa, berzakat fitrah, dan amal kebajikan lainnya.

“Semoga anak-anakku semuanya dapat melaksanakan semua rangkaian ibadah di bulan suci Ramadan dengan sebaik-baiknya. Penuh semangat dan senantiasa mendapat ridho dari Allah SWT. Yang penting juga tetap semangat mengikuti semua materi dan kegiatan dalam kegiatan pesantren Ramadan tahun ini," katanya.

SD-Islam-Sabilillah-Malang-a.jpg

Nunik juga berharap siswa siswi juga mengikuti beberapa kegiatan lomba. Juga beberapa materi dan praktik ibadah yang akan dibimbing bapak ibu wali kelas masing-masing.

"Ikuti dengan baik sampai akhir kegiatan nanti, yakni mengikuti nuzulul Qur'an dan juga beberapa lomba yang akan diikuti Ananda semuanya," pesan Nunik.

Kegiatan semakin menarik untuk diikuti siswa siswi SD Islam Sabilillah Malang. Itu karena para peserta disuguhi tampilan kreativitas siswa. Misalnya, keterampilan siswa memainkan drum dengan diiringi tiga siswa lainnya menampilkan Shalawat-Aleehya. Tak kalah menariknya, penampilan yang apik dan kolaborasi dari Grup Mazaya Orchestra yang personelnya para guru dan pegawai SD Islam Sabilillah Malang. Mereka bersenandung shalawat berjudul Mughrom.

Harmonisasi begitu terasa nikmat untuk disajikan Grup Mazaya Orchestra yang dipadupadankan dengan angklung, biola, seruling, drum, dan gitar. Itu menjadi bukti anak didik mereka bisa memiliki keterampilan b bidang seni, akademik, dan karakternya.

Sesi tausiah disampaikan Drs. H. Masykur. Kali ini mengambil tema tentang hikmah puasa. Ustad Masykur menceritakan dengan lembut dan menyentuh hati tentang bagaimana Ramadan bulan yang agung, bulan yang penuh pahala. Juga apa sebenarnya Ramadan disebut bulan yang agung serta dan sejarah yang terjadi di dalamnya.

Satu contoh bulan Rajab yang di dalamnya ada peristiwa yang agung berupa Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Juga ada bulan Maulid yang dimuliakan Allah di mana ada peristiwa agung kelahiran Nabi Muhammad SAW.

SD-Islam-Sabilillah-Malang-b.jpg

"Sekarang bulan Ramadan di dalamnya ada peristiwa yang agung. Di antaranya adalah peristiwa Nuzulul Qur'an. Kita tahu Alquran adalah mukjizat yang hebat. Bisa dipergunakan sampai hari kiamat nanti. Peristiwa agung di bulan Ramadan lainnya adalah Lailatul Qodar, yang menunjukkan pahala yang luar biasa kepada hamba Allah yang dikehendaki," tutur Masykur.

Ustad Masykur juga minta para siswa yang mendengar secara daring untuk mengamalkan amalam sunnah Ramadan ini. "Mari isi Ramadan ini dengan memperbanyak amalan dan doa. Semoga kita semua bertemu dengan lailatul qadar," ujarnya.

Sementara, ketua Panitia Siti Aisyah, SAg mengatakan, selama Pesantren Ramadan yang bertema Ramadan siswa disuguhkan dengan kegiatan Islami dan egiatan kreativitas siswa. Siswa juga diberikan penunjang kreativitas untuk menambah pengamalan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadan.

Karena pelaksanaan Pesantren Ramadan SD Islam Sabilillah Malang ini secara hybrid, ada yang daring dannluring,  maka penyajian materinya juga secara hybrid, yaitu secara virtual dan luring.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES