Wisata

Ngabuburit di Tengah Eksotika Taman Cecenet Cijambu Sumedang

Sabtu, 02 April 2022 - 13:50 | 169.68k
Sejumlah pengunjung saat menikmati suasana objek wisata Taman Cecenet Tanjungsari Sumedang Jabar, Sabtu (2/4/2022). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)
Sejumlah pengunjung saat menikmati suasana objek wisata Taman Cecenet Tanjungsari Sumedang Jabar, Sabtu (2/4/2022). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANGNgabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa menjadi tradisi khas bagi umat muslim di Indonesia, termasuk di Sumedang, Jawa Barat.

Banyak ragam kegiatan yang lazim dilakukan sembari menunggu waktu berbuka, mulai dari tadarus Al-quran, pengajian keagamaan hingga jalan-jalan sambil menikmati keindahan alam atau dalam islam dikenal dengan tadabbur alam. 

Tadabur alam merupakan sarana pembelajaran untuk lebih mengenal Allah SWT yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya. 

Melalui tadabbur alam dinilai dapat membersihkan diri dan jiwa dari energi-energi negatif yang mungkin telah bersemayam di hati serta fikiran. Jadi, tadabbur alam bagi umat muslim merupakan bentuk rasa syukur atas karunia Allah SWT. 

wisata-Taman-Cecenet-Tanjungsari-Sumedang-Jabar-2.jpg

Oleh sebab itu, berbagai destinasi objek wisata di Sumedang menjadi tujuan ngabuburit sekaligus tadabbur alam. Salah satunya, Taman Cecenet Cijambu, Desa Kadakajaya Tanjungsari, Sumedang Jawa Barat. 

Objek wisata ini dinilai cocok untuk Ngabuburit bersama teman dan keluarga. Bahkan, menjadi salah satu tempat wisata edukasi keluarga dan ramah untuk anak-anak. 

Taman Cecenet yang berada di atas lahan seluas 500 tumbak itu dihiasi berbagai macam jenis tanaman bunga dengan nuansa pemandangan alam yang eksotik. Namun, ciri khas dari Taman Cecenet adalah hamparan taman buah cecenet atau ciplukan. 

"Lokasinya pun mudah di jangkau yakni, sekitar 5 KM dari Alun-alun Tanjungsari atau 4 KM dari akses jalur utama Bandung-Sumedang," ujar pemilik Taman Cecenet Maman Ucup kepada TIMES Indonesia di Sumedang Jabar, Sabtu (2/4/2022).

Maman mengatakan, selain banyak spot untuk berswafoto dengan backround beragam jenis tanaman hias, pengunjung juga bisa memetik langsung buah Ciplukan atau dalam bahasa sunda yaitu buah Cecenet.

"Untuk tiket  masuk hanya Rp10 ribu. Pengunjung dipastikan sangat menikmati suasananya. Apalagi dengan jalan-jalan mengelilingi taman sambil Ngabuburit. Nah, bagi yang membawa anak-anak disediakan taman bermain anak dan saung untuk beristirahat," terangnya. 

Selain buah Cecenet hasil petikan sendiri, pengunjung juga bisa menikmati jus buah Cecenet saat waktunya berbuka puasa tiba. Pengunjung juga bisa menikmati sajian menu makanan pilihan untuk berbuka puasa di kafe Taman Cecenet seperti, sop iga, ayam goreng, ikan, lalap, sambel dan menu lainya. 

"Kami juga menyediakan camping ground, lapangan outdoor, kedai kopi, mushola, toilet, hingga wisata paket petik buah Cecenet," tandas Maman Ucup, pemilik Taman Cecenet, Sumedang. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES