News Commerce

Putu Ayu Jumbo Mak Fio Ponorogo, Dikemas Elegan dan Hadir dengan Aneka Toping

Sabtu, 02 April 2022 - 10:16 | 227.45k
Inilah Putu Ayu Jumbo Mak Fio Ponorogo yang dijual di Jalan Pramuka 30. Putu ayu ini selain hadir dengan ukuran besar, juga banyak varian toping mengikuti selera konsumen dan penuh nuansa kekinian. (Foto: Evita M/TIMES Indonesia)
Inilah Putu Ayu Jumbo Mak Fio Ponorogo yang dijual di Jalan Pramuka 30. Putu ayu ini selain hadir dengan ukuran besar, juga banyak varian toping mengikuti selera konsumen dan penuh nuansa kekinian. (Foto: Evita M/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Siapa yang tidak tahu putu ayu, kue atau jajanan khas Jawa yang teskturnya lembut dengan toping kelapa parut. Tapi, jika ukurannya jumbo, mungkin ini pelopornya di Ponorogo. Ya, Anik Hariati, sejak enam tahun lalu berkreasi membuat putu ayu beda dengan lainnya karena diameter kue tersebut mencapai delapan centimeter alias berkuran jumbo. Putu ayu jumbo Ponorogo itu dia labeli Mak Fio

Berawal dari usaha rumahan, kini putu ayu jumbo hasil kreasi Anik Hariati berkembang dan membuka outlet di Jalan Pramuka 30 Ponorogo. Kue tradisional itu dijual dengan konsep modern dan kekinian, sejak sebulan lalu. Usahanya di jalur padat pengguna jalan itu berkembang signifikan. 

Henny Aprika, pengelola Putu Ayu Jumbo Mak Fio Ponorogo mengatakan, kue tradisional yang dijual di outletnya itu memiliki resep seperti kebanyakan. Hanya, untuk memenuhi selera konsumen, di outlet Putu Ayu Jumbo Mak Fio dikreasi dengan aneka toping. 

"Cara membuatnya ya seperti putu ayu kebanyakan. Tapi kami mengedepankan kualitas produk misalnya kelembutan teksturnya, kelapa parutnya, dan kelezatan rasanya. Kami mengkreasi produk dengan toping berbeda-beda seperti ketan hitam, nangka, dan pisang cokelat," paparnya kepada TIMES Indonesia, Sabtu (2/4/2022).

Putu-Ayu-Jumbo-a.jpg

Dengan menjaga proses produksi hingga kualitas produk, Putu Ayu Jumbo Mak Fio Ponorogo mampu bertahan di suhu ruangan selama 24 jam dan jika disimpan di kulkas bisa 2-3 hari. 

"Selain konsumen yang datang ke outlet kami, juga banyak yang pesan untuk hajatan, kenduren, oleh-oleh. Bahkan banyak yang minta dibuatkan putu ayu berbentuk kue tart untuk ulang tahun," tambahnya. 

Dalam sehari, ratusan kue putu ayu terjual. Bahkan pernah tembus hingga 700 kue putu ayu dalam sehari ludes dibeli konsumen. Putu ayu jumbo dijual dengan harga berbeda mulai Rp4 ribu hingga Rp6 ribu tergantung toping. Untuk putu ayu dalam bentuk ke tart, kata Henny Aprika, harganya ratusan ribu tergantung pemesan.

Putu-Ayu-Jumbo-b.jpg

Menyesuaikan permintaan dan untuk menaikkan level kue tradisional tersebut, Putu Ayu Jumbo Mak Fio Ponorogo dikemas elegan dengan boks mewah sehingga layak sebagai oleh-oleh khas berkelas. Menariknya, di outlet putu ayu jumbo di Jalan Pramuka 30 tersebut, juga dijual aneka produk UMKM Ponorogo sebagai upaya untuk lebih mengenalkan berbagai hasil olahan pelaku usaha rumahan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES