Kesehatan

Pentingnya Mengajarkan Menjaga Kesehatan Gigi kepada Anak-anak

Jumat, 01 April 2022 - 10:27 | 55.39k
Siswa SD Muhammadiyah 2 GKB saat periksa gigi (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Siswa SD Muhammadiyah 2 GKB saat periksa gigi (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Menjaga kesehatan gigi sangat penting. Termasuk pada anak-anak. Apalagi sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadan. Periksa rutin menjadi salah satu cara agar gigi anak terawat.

Di Gresik, SD Muhammadiyah 2 GKB bekerjasama dengan RS Petrokimia menggelar edukasi dan screening kesehatan gigi. Total ada 249 siswa ikut dalam kegiatan tersebut. 

Mereka tampak antusias memeriksakan giginya. Selain itu, anak-anak juga diajarkan cara menggosok gigi yang benar. Dan, tentunya agar rutin menggosok gigi setiap hari.

Wakil Kepala Sekolah Berlian School, M. Taufik mengatakan, kegiatan Edukasi Kesehatan Gigi sebagai wujud komitmen sekolah dibidang kesehatan. 

"Apalagi sekolah kami pernah meraih juara nasional sebagai Sekolah Sehat," katanya, Jumat (1/3/2022).

Taufik berharap kegiatan ini bisa konsisten dilakukan. Bahkan, ke depan bisa menjadi tradisi menjaga kesehatan gigi anak.

"Saya berharap anak-anak dapat menjaga kesehatan gigi. Agar tak sakit gigi saat berpuasa," imbuhnya.

Dilansir dari Kompas.com, Dokter Spesialis Kedokteran Gigi Anak drg. Eka Sabaty Shofiyah mengatakan menjaga kesehatan gigi sejak anak-anak adalah penting.

"Perawatan mulut anak perlu diperhatikan sedini mungkin, bahkan sebelum gigi pertama muncul," katanya.

Meski kini sudah cukup banyak orangtua yang lebih sadar akan kesehatan gigi anak. Namun, tak sedikit masih menanggapnya sebelah mata. 

"Banyak orang tua hanya akan membawa anak ke dokter gigi jika muncul keluhan sakit gigi," terangnya menanggapi pentingnya menjaga kesehatan gigi pada anak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES