Kuliner

Kue Pancong, Kuliner Khas Betawi yang Mulai Nge-hits Lagi

Kamis, 31 Maret 2022 - 01:31 | 110.29k
Kue pancong memiliki bentuk mirip dengan kue pukis karena alat cetaknya sama. (Foto: Instagram/makandipati)
Kue pancong memiliki bentuk mirip dengan kue pukis karena alat cetaknya sama. (Foto: Instagram/makandipati)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menu kuliner tradisional di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya dibahas. Mulai dari makanan minuman tradisional sampai jajanan tradisional yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu jajanan tradisional itu adalah kue Pancong.

Kue yang memiliki bentuk mirip dengan kue pukis ini, mulai nge-hits lagi di era kekinian. Kuliner khas Betawi ini mulai jadi menu andalan di beberapa kedai kopi kekinian di Indonesia.

Mengikuti perkembangan zaman, kue yang asalnya hanya ditambahkan dengan taburan parutan kelapa atau gula merah itu, kini banyak sekali varian topping-nya.

Untuk menikmati kue yang bertekstur empuk tersebut tidak harus merogoh kantong terlalu dalam. Cukup 5 ribu rupiah sampai dengan 15 ribu rupiah, sudah dapat mengganjal perut dengan kue bercita rasa manis khas ibu kota ini.

Kue pancong ini sangat mudah dijumpai meski bukan di Jakarta. Namun, penyebutan kue pancong di berbagai daerah memiliki sebutan masing-masing.

Di Jawa Barat misalnya, kue Pancong dikenal dengan nama Bandros, di Bali disebut Haluman. Sementara di Jawa Tengah disebut dengan Gandos. Dan tentunya masing-masing daerah memiliki kekhasan masing-masing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES