Kopi TIMES

Platform Merdeka Belajar BOP PAUD dan BOP Setara

Selasa, 29 Maret 2022 - 01:22 | 62.13k
Platform Merdeka Belajar BOP PAUD dan BOP Setara
Firmawati, Divisi Hukum dan Advokasi Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia.
Editor: Ronny Wicaksono

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Transformasi di dunia pendidikan nampaknya masih terus berlangsung. Untuk menghadapi persaingan global dengan tantangan revolusi industri 4.0 dan revolusi masyarakat 5.0 kita perlu bersiap dan berbenah. Dunia pendidikan sebagai amunisi utama harus bertransformasi dari berbagai aspek.  Merdeka belajar dengan segala macam platform dan terobosannya berupaya menjawab tantangan itu.

PAUD sebagai gerbang awal pendidikan formal adalah elemen yang perlu mendapatkan sentuhan khusus dari kebijakan merdeka belajar. Saat ini PAUD juga didukung dua inovasi yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (kemendikbudristek). Inovasi yang pertama kurikulum merdeka dan flatform merdeka belajar dimana pengembagan pengajaran dilakukan berpusat pada murid selain itu pengembangan dilakukan berdasarkan minat dan bakat murid serta kondisi setiap sekolah.

Melalui flatform merdeka belajar guru memiliki referensi untuk memahami  pembelajaran yang memberikan  hakikat kemerdekaan dalam belajar. Guru tidak memberikan satu pengajaran yang serupa pada anak didik yang memiliki minat dan bakat berbeda-beda. Guru melakukan assesment terhadap anak didik sejak awal dia memasuki sekolah, sehingga guru akan memformulasikan pengajaran yang tepat dan berkeadilan.

Inovasi kebijakan yang kedua, BOP PAUD yang dilakukan bersama-sama Kementerian Keuangan dan Kementerian dalam Negeri. Penyaluran dana dilakukan langsung ke rening satuan pendidikan dan penggunaan dananya pun dapat digunakan sesuai kebutuhan real masing-masing sekolah. Dengan demikian BOP PAUD akan memiliki nilai yang berpariasi tergantung nilai kemahalan daerah.

Menilai keberhasilan program dengan hadirnya dampak nyata di lapangan maka pada tahun 2022 kemendikbud melanjutkan terobosan tersebut. Terobosan BOS, kenaikan realisasi DANA BOS sebesar 1,7 persen dan berhasil menekan 1,3 persen angka retur dari tahun sebelumnya. Menyalurkan dana bos langsung ke rekening, dan besaran nya sesuai dengan kondisi daerah. Memudahkan, tepat waktu, tidak menemui kendala saat pencairan, tidak ada pemotongan dana bos dan biaya admnisitratif, serta pemanfaatannya fleksibel susuai kebutuhannya. 

Penyaluran  dana dengan secara langsung ke rekekning satuan pendidikan disambut baik oleh lingkungan Dinas Pendidikan. Sebelumnya penyaluran harus melibatkan badan atau instansi lainnya tentu menguras energi dan waktu. Hal tersebut kerap kali menyebabkan keterlambatan pencaiaran yang dampaknya tentu akan sangat dirasakan oleh satuan pendidikan.

Penulis mendiskusikan kebijakan ini dengan salah satu kepala sekolah, PAUD Budiasih Desa Wonoharjo Kabupaten Pangandaran – Jawa Barat. Seluruh guru menyambut bahagia program  ini sebagai sebuah terobosan yang mengefektifkan kerja dinas juga satuan pendidikan. "Program mas menteri ini adalah jawaban dari kesulitan yang kami alami di lapangan," ungkap Eti Rohaeti.

Nadiem dengan kepemimpinannya yang transformatif menyadari adanya kesenjangan, perbedaan besaran harga disetiap daerah berinovasi dengan kebijakan BOP PAUD. Adanya variasi perbedaan nilai disetiap daerah , kita memang harus menilai dengan realistis sesuai dengan kondisi di lapangan. Malahan dari realitas yang lain khusunya didaerah 3T (terluar, terdepan, tertinggal) mengusulkan indeks ini dibuat perkecamatan karena kasus di daerahnya antara kecamatan satu dengan yang lainnya memiliki nilai besaran yang perbedaanya signifikan.

Realitas di lapangan yang disampaikan oleh para kepala Dinas tentu akan menjadi suatu bahan rumusan kebijakan ke depan. Hal itu tidak menutup kemungkinan karena kita hari ini dapat menilai Nadiem mempelopori transformasi di bidang pendidikan dengan sangat membuka aspirasi yang berasal dari para guru di lapangan.

Adanya penyesuaian berdasarkan karakteristik daerah merupakan penjabaran keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia khusunya yang ada di daerah 3T. Bagi daerah 3T tentu Operasional sekolah akan sangat tinggi. Belum lagi para guru dan murid yang bertransportasi harus melewati jalan darat dan sungai. Dengan akses jarak yang sangat jauh transportasi belum mendukung tentu perlu terobosan BOP setara dalam porsi ideal tertentu.

Para guru tidak direpotkan dengan administrasi karena tugas utama guru adalah mengajar. Mengingat di daerah 3T yang kekurangan sumber daya manusia seorang guru bisa merangkap menjadi operator, dan kepala sekolah sekaligus. Tentu realita ini akan membagi fokus guru dalam melaksanakan pengajaran terbaik bagi para muridnya.

Kebijakan ini adalah bukti pemerintah memberikan sesuai porsi. Setiap tahun tidak mungkin suatu satuan lembaga kebutuhannya akan sama tentu akan dinamis menyesuaikan realisasi kebutuhan. Kemudah-kemudahan ini membawa dampak signifikan untuk teman - teman di lapangan, dinas mendampingi untuk memaksimalkan penggunaan dana efektif. 

Kini kemerdekaan dalam dunia pendidikan setahap demi setahap diwujudkan. Satuan pendidikan terbebas dari administrasi keuangan yang amat birokratif dan dapat merealisasikan kebutuhannya sesuai dengan apa adanya. Tidak ada lagi sekat yang membatasi ruang kreasi satuan pendidikan untuk mewujudkan merdeka belajar.

Kebijakan transformatif dari kepemimpinan Mas Menteri adalah salah satu jawaban dari setumpuk problema dalam dunia pendidikan kita. Mewujudkan keadilan sosial di bidang pendidikan dengan merespon kebutuhan dan masalah di lapangan. Sudah saatnya Indonesia mentransformasikan sistem dan SDMnya menyesuaikan era industri 4.0 dan masyarakat 5.0 untuk kemudian bergegas menuju persaingan global.

***

*) Oleh : Firmawati, Divisi Hukum dan Advokasi Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rizal Dani

EKORAN

TERBARU

  • Mengenal Layangan Tradisional Sowangan Khas Blora
    Mengenal Layangan Tradisional Sowangan Khas Blora
    25/05/2022 - 23:22
  • Indonesia Tawarkan Kawasan Industri Hijau Kaltara ke Elon Musk
    Indonesia Tawarkan Kawasan Industri Hijau Kaltara ke Elon Musk
    25/05/2022 - 22:06
  • Tiga Pesan Megawati yang Harus Diingat Kader PDI Perjuangan
    Tiga Pesan Megawati yang Harus Diingat Kader PDI Perjuangan
    25/05/2022 - 21:54
  • Wali Kota Berharap Pengundian Pasar Besar Batu Dilakukan Bulan Oktober 2022
    Wali Kota Berharap Pengundian Pasar Besar Batu Dilakukan Bulan Oktober 2022
    25/05/2022 - 21:44
  • Sambut Tanggal Merah Berdekatan, tiket.com Gelar Program Diskon Tanggal Muda
    Sambut Tanggal Merah Berdekatan, tiket.com Gelar Program Diskon Tanggal Muda
    25/05/2022 - 21:30

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Nawa Cita Ala Kampus untuk Pengentasan Kemiskinan di Indonesia
    Nawa Cita Ala Kampus untuk Pengentasan Kemiskinan di Indonesia
    24/05/2022 - 16:57
  • Gerakan Credit Union: Suatu Upaya Kemandirian Ekonomi
    Gerakan Credit Union: Suatu Upaya Kemandirian Ekonomi
    24/05/2022 - 02:00
  • Tanaman Hias Bukan Sekadar Hiasan
    Tanaman Hias Bukan Sekadar Hiasan
    24/05/2022 - 01:44
  • Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    23/05/2022 - 17:35
  • Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    23/05/2022 - 16:02
  • Upaya Berkelanjutan untuk Maksimalkan Nilai Tambah SDA                                                
    Upaya Berkelanjutan untuk Maksimalkan Nilai Tambah SDA                                                
    21/05/2022 - 10:15
  • Perempuan dan Akses Sumber Daya Alam di NTT
    Perempuan dan Akses Sumber Daya Alam di NTT
    21/05/2022 - 03:38
  • Metropolitan Pesisir Malang
    Metropolitan Pesisir Malang
    20/05/2022 - 12:09

KULINER

  • Segarnya Es Leci Yakult Hempaskan Dahaga Seketika, Yuk Bikin!
    Segarnya Es Leci Yakult Hempaskan Dahaga Seketika, Yuk Bikin!
    24/05/2022 - 13:37
  • Resep Mudah Jalakotek Rumahan ala Majalengka
    Resep Mudah Jalakotek Rumahan ala Majalengka
    24/05/2022 - 05:10
  • Sensasi Robusta Premium di KopiKOE Cafe Java Lotus Hotel Jember
    Sensasi Robusta Premium di KopiKOE Cafe Java Lotus Hotel Jember
    23/05/2022 - 16:55
  • Sosis Asam Manis, Olahan Praktis untuk Menu Sarapan
    Sosis Asam Manis, Olahan Praktis untuk Menu Sarapan
    23/05/2022 - 05:37
  • Es Sereh Telang Lemon, Menu Sehat ala Backyard Cafe
    Es Sereh Telang Lemon, Menu Sehat ala Backyard Cafe
    22/05/2022 - 23:14