Kesehatan

Masak Praktis Saat Ramadan, Siapkan Bumbu Dasar Aja!

Minggu, 27 Maret 2022 - 11:06 | 131.31k
Ilustrasi - Bumbu dasar memudahkan memasak saat Ramadan (FOTO: Shutterstock)
Ilustrasi - Bumbu dasar memudahkan memasak saat Ramadan (FOTO: Shutterstock)
FOKUS

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tinggal menghitung hari Bulan Ramadan akan menyapa kita. Sayang rasanya jika bulan puasa justru disibukan dengan mempersiapkan menu buka dan sahur. Waktu di dapur bisa dipersingkat dengan mempersiapkan bumbu dasar

Bumbu dasar punya peran penting dalam menghemat waktu. Semua jenis masakan dapat diolah secara praktis tanpa repot menghaluskan bumbu lagi. 

Kebayang dong bagaimana repotnya mengupas bawang disaat genting jelang imsak. Hehehe... ga usah dibayangin, yuk lah bikin bumbu dasar saja, dijamin masak jadi lebih praktis. 

Ada beberapa jenis bumbu dasar khas masakan Nusantara. Yaitu bumbu dasar putih, kuning, oranye, merah dan hitam. 

Bumbu dasar putih

Bumbu-dasar-putih.jpg(FOTO: boladeli.id)

Bumbu ini merupakan ibu dari bumbu dasar karena dapat digunakan untuk semua masakan. Bahannya bawang putih, bawang merah dan kemiri.  

Bumbu dasar kuning

Bumbu-dasar-kuning.jpg(FOTO: boladeli.id)

Selain duo bawang, ditambahkan pula kemiri, ketumbar dan kunyit untuk menghasilkan warna kuning. Jika suka dapat ditambahkan juga lengkuas agar wangi lebih kuat. 

Bumbu dasar oranye

Bumbu-dasar-oranye.jpg(FOTO: boladeli.id)

Warna oranye didapat dari paduan kunyit dan cabai merah. Tentunya kombinasi bawang merah dan putih, kemiri serta ketumbar makin memperkaya rasa.

Bumbu dasar merah

Bumbu-dasar-merah.jpg(FOTO: asset-a.grid.id)

Bumbu ini punya rasa yang cenderung pedas karena warna merah didapat dari cabai. Bumbu dasar merah cocok utnuk balado, sambal goreng ati dan lainnya.

Bumbu dasar hitam

Bumbu-dasar-hitam.jpg(FOTO: i0.wp.com)

Warna hitam didapat dari kluwak. Bumbu ini merupakan perpaduan duo bawang, kluwak, jahe, kemiri, ketumbar, merica. Biasanya bumbu dasar hitam digunakan untuk rawon, brongkos hingga daging bakar. 

Cara mengolah bumbu dasar sangat mudah. Anda cukup menghaluskan semua bahan bumbu dasar sesuai masing-masing jenisnya. Kemudian ditumis hingga wangi. Sebaiknya menggunakan api kecil supaya tidak gosong. 

Setelah dingin, dapat dimasukkan dalam wadah kedap udara. Wadah dengan bahan kaca direkomendasikan agar bumbu tidak terkontaminasi bau dari plastik (wadah berbahan plastik).

Selanjutnya dapat disipmapn dalam lemari es. Anda dapat menggunakannya sewaktu-sewaktu-waktu. 

Nah mudah bukan, yuk bikin stok bumbu dasar di rumah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES