Kuliner

Segarnya Soto Tak Bersantan di Kedai Zhunnda Majalengka

Sabtu, 26 Maret 2022 - 13:15 | 97.54k
Soto Ayam Zhunnda Majalengka. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)
Soto Ayam Zhunnda Majalengka. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKASoto termasuk hidangan khas nusantara yang banyak digemari. Aroma dan cita rasa kaldu daging ayam yang berpadu dengan bumbu rempah kuahnya membuat selera makan makin meningkat. Termasuk soto yang satu ini di Kabupaten Majalengka

Umumnya, kuah dari soto dibuat menggunakan tambahan santan untuk rasa gurihnya. Namun tak perlu khawatir, jika anda tengah menghindari konsumsi santan karena alasan kesehatan, maka soto bening di Soto Ayam Zhunnda Majalengka, Jawa Barat ini bisa dijadikan pilihan.

Soal rasa, soto bening atau tak bersantan tersebut, ternyata memiliki sensasi segar di bagian kuahnya, karena racikan bumbu dan penyajiannya pun sedikit berbeda.

"Resep kuahnya nggak pakai santan, kayu manis dan cengkeh. Kalau bumbu rempah lainnya seperti kunyit mah tetap pakai," kata Yuliana (37) sang pemilik kedai, Sabtu (26/3/2022).

Soto-Ayam-Zhunnda-B.jpg

Menurutnya, untuk komposisi hidangannya terdiri dari potongan lontong dengan topping bihun, kecambah, tomat, suwiran ayam dan daun bawang terus dilengkapi dengan taburan bawang merah goreng serta kecap.

Setelah siap dihidangkan, sebelum disantap diberi tetesan perasan jeruk nipis terlebih dulu biar segarnya nampak. Terus, bagi penyuka pedas tentunya tinggal menambahkan sambal sesuai selera.

Di kedai Soto Ayam Zhunnda harganya cukup bersahabat, yaitu Rp 8 ribu per porsinya. Maka tak heran jika kedai yang berada di jalan Pahlawan nomor 4 Kelurahan Majalengka Kulon, Kecamatan dan Kabupaten Majalengka ini diburu pelanggannya.

Mengenai pelanggannya sendiri, kata dia, selain warga sekitar dan pekerja kantoran yang tak jauh dari lokasi kedainya itu, ada juga konsumen yang memesannya melalui aplikasi layanan pesan antar.

Soto-Ayam-Zhunnda-C.jpg

"Kita tiap harinya buka dari 5.30 WIB pagi sampai pukul 12.00 WIB siang. Kecuali libur hari raya, waktunya full bersama keluarga," ujar isteri dari Tenny Sukmara Atmaja yang dikaruniai empat anak itu.

Menurut ceritanya, resep soto beningnya tersebut, diperoleh dari keluarganya ketika masih tinggal di Solo. Ia mempelajarinya dengan mengikuti tiap kegiatan memasak untuk mempersiapkan acara kenduri atau hari raya Idul Fitri.

"Berbekal pengetahuan itu, lalu akhirnya pada bulan Desember tahun kemarin, kami mulai menyalurkannya menjadi sebuah aktivitas usaha yang kini menjadi penghasilan tambahan, untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga di masa pandemi ini," jelas pemilik kedai soto bening di Majalengka ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES