Peristiwa Nasional

Awal Ramadan Pemerintah dan Muhammadiyah Diprediksi Tak Sama

Jumat, 25 Maret 2022 - 15:03 | 61.29k
Ilustrasi-puasa Ramadhan. (FOTO: Pixabay)
Ilustrasi-puasa Ramadhan. (FOTO: Pixabay)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN memprediksi awal Ramadan 2022, yang ditetapkan oleh pemerintah jatuh pada 3 April 2022.

Jika prediksi ini tak meleset, jadwal puasa Ramadan tahun ini yang ditetapkan oleh pemerintah tak akan sama dengan PP Muhammadiyah.

Diketahui, untuk organisasi yang didirikan oleh Kiai Ahmad Dahlan ini sudah menetapkan awal puasa Ramadan pada 2 April 2022.

Profesor Riset Bidang Astronomi dan Astrofisika, Pusat Riset Antariksa BRIN, Thomas Djamaluddin mengatakan, ketinggian hilal pada 1 April hanya sedikit di atas 2 derajat. Dengan demikian hilal tidak mungkin terlihat pada hari itu.

"Wilayah Indonesia umumnya menetapkan tinggi hilal kurang dari dua derajat," katanya dikutip TIMES Indonesia di situs resmi Lapan Jumat (25/3/2022).

Ia mengatakan, bila hilal tidak terlihat pada 1 April, maka jumlah hari pada bulan Sya'ban tahun ini akan digenapkan menjadi 30 hari.

Sementara itu, Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad merespons hal itu. Kata dia, PP Muhammadiyah tetap melaksanakan awal puasa Ramadan pada 2 April 2022 nanti.

"Muhammadiyah akan mulai puasa pada hari Sabtu 2 April 2022," katanya dikutip dari CNNIndonesia.com. Ia menjelaskan, Muhammadiyah menggunakan metode hisab wujudul hilal saat menetapkan awal bulan Ramadan.

Wujudul Hilal adalah kriteria penentuan awal bulan Hijriyah dengan menggunakan prinsip ijtimak atau konjungsi telah terjadi sebelum matahari terbenam dan bulan terbenam setelah matahari terbenam.

Kata dia, pada 1 April saat waktu terbenam matahari bulan/hilal sudah wujud 2 derajat lebih.

Ia berharap, masyarakat bisa menyikapi potensi perbedaan awal Ramadan tahun ini dengan bijaksana. "Karena metode penentuan awal bulan Hijrah khususnya Ramadan ada berbagai cara. Seperti wujudul hilal, imkanurukyat, urfi dan rukyat," ujar Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES