Peristiwa Daerah

Pecinta Budaya Banyuwangi Akan Laporkan Perusak Sesajen Pura Kawitan Alas Purwo

Rabu, 23 Maret 2022 - 15:22 | 77.69k
Hendrik, anggota Persatuan Pecinta Budaya Banyuwangi dan Ketua Pemuda Samberejo Bersatu (Pemuda Samber) Desa Samberejo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi. (Foto : Dokumentasi TIMES Indonesia)
Hendrik, anggota Persatuan Pecinta Budaya Banyuwangi dan Ketua Pemuda Samberejo Bersatu (Pemuda Samber) Desa Samberejo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi. (Foto : Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Persatuan Pecinta Budaya Banyuwangi, Jawa Timur, akan melaporkan pemuda dalam video perusakan sesajen di Pura Kawitan Alas Purwo. Terduga pelaku disebut-sebut berdomisili di Kecamatan Blimbingsari dan masih berstatus pelajar salah satu SMK di Kecamatan Rogojampi.

"Saat ini sedang kita disekusikan. Rencananya akan kita laporkan, untuk membuat efek jera," kata Hendrik, anggota Persatuan Pecinta Budaya Banyuwangi, Rabu (23/3/2022).

Tindakan tegas aparat, lanjutnya, sangat diperlukan dalam kasus ini. Karena perbuatan pelaku dalam video, bukan hanya menyakiti hati umat Hindu saja. Tapi juga melukai perasaan para pecinta budaya Bumi Blambangan.

Hal itu mengingat Pura Kawitan Alas Purwo, di Desa Kendalrejo, Kecamatan Tegaldlimo, merupakan situs bersejarah bagi masyarakat Banyuwangi.

Menurut pemuda yang juga Ketua Pemuda Samberejo Bersatu (Pemuda Samber), Desa Samberejo, Kecamatan Bangorejo, ketika tidak ada tindakan tegas, dikhawatirkan kejadian serupa akan terus berulang. Yang ujungnya, bisa merusak kondusitas hingga memicu konflik di masyarakat.

Seperti diketahui, sebuah video yang menampilkan aksi perusakan sesajen di Pura Kawitan Alas Purwo, beredar di media sosial. Sontak kejadian tersebut langsung membuat gerah warganet. Khususnya mereka yang menganut agama Hindu dan para pecinta budaya.

Terlebih, saat menjalankan aksi, pelaku mengenakan busana adat Jawa lengkap dengan Blangkon.

Belum diketahui pasti kapan video tersebut dibuat. Namun dari penelusuran Persatuan Pecinta Budaya Banyuwangi, rekaman yang kini viral itu kali pertama diunggah oleh pelaku melalui status media sosial Wtatsapp (WA).

Dalam video, terlihat pelaku yang diduga masih pelajar merusak sesajen disalah satu Pura yang disakralkan umat Hindu Se Nusantara tersebut.

Penelusuran Persatuan Pecinta Budaya Banyuwangi, pelaku dalam video perusakan sesajen di Pura Kawitan Alas Purwo diduga berinisial SB, warga Kecamatan Blimbingsari. Dia masih berstatus pelajar disalah satu SMK di Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES