Wisata

Mengintip Pesona Air Terjun Mangku Sakti di Kaki Gunung Rinjani

Selasa, 22 Maret 2022 - 17:06 | 86.92k
Pesona Air Terjun Mangku Sakti, surga tersembunyi di Desa Sajang, Sembalun. (FOTO: pagitrans.com)
Pesona Air Terjun Mangku Sakti, surga tersembunyi di Desa Sajang, Sembalun. (FOTO: pagitrans.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah terpilih menjadi menjadi tuan rumah dan sukses menghelat kejuaraan MotoGP tahun 2022 ini, Lombok kembali menjadi sorotan di mata dunia. Pulau yang terkenal dengan julukan “Pulau Seribu Masjid” ini memiliki segudang destinasi wisata yang mempesona dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Misalnya saja, Pantai Tanjung Aan, Gunung Rinjani, Bukit Merese, sampai Pink Beach yang memiliki keunikan tersendiri.

Selain destinasi wisata di atas, terdapat air terjun mempesona yang siap memanjakan mata, yakni Air Terjun Mangku Sakti. Air terjun ini terletak di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, dekat pintu masuk Gunung Rinjani.

Untuk waktu perjalanan, pengunjung harus menempuh waktu sekitar 2 jam dari Kota Mataram menuju menuju Desa Sajang, Sembalun. Dari desa inilah, pengunjung harus kembali menempuh perjalanan kembali sekitar 20-30 menit untuk mencapai titik lokasi. Setelah sampai pintu masuk, pengunjung harus melewati jalur trek pegunungan yang lumayan menantang. 

Setelah sampai, pengunjung akan menemukan surga tersembunyi di balik kaki Gunung Rinjani ini. Pemandangan air terjun bening berwarna hijau toska serta pemandangan asri yang siap membayar rasa lelah pengunjung.

Air terjun yang terkenal akan warna eksotiknya ini, memiliki tinggi sekitar 30 m dengan lebar sekitar 15 m2 dengan kondisi air yang sangat sejuk dan jernih. Air terjun ini memiliki keunikan yakni kandungan sulfur yang terkandung sehingga membuat warnanya menjadi toska kehijauan.

Selain terkenal akan pemandangannya, Air Terjun Mangku Sakti memiliki mitos terkenal.  Dinamakan “Mangku Sakti” karena penduduk sekitar percaya bahwa ada seorang juru kunci Gunung Rinjani bersama kuda pendampingnya bernama “Sembrani” yang meninggal di kawasan ini. 

Di sisi kiri air terjun, terdapat bebatuan yang menyusun sketsa sebuah wajah. Penduduk meyakini bahwa bebatuan tersebut merupakan wajah sang mangku.

Tak hanya terkenal akan pemandangan air kebiruan  dan mitos seputar Mangku Sakti, air terjun ini menyajikan pemandangan yang super instagramable. Rerimbunan pohon serta kebun kopi milik penduduk sekitar akan siap memanjakan mata pengunjung. Bukan hanya itu, pengunjung juga bisa menghirup udara segar serta merasakan sensasi berpetualang mengingat ekstremnya jalur atau trekking menuju lokasi ini.

Air Terjun Mangku Sakti masuk ke dalam deretan destinasi wisata yang must to go ketika berkunjung ke Lombok. Jadi, pastikan kalian menginjakkan kaki ke sini, ya! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES