Glutera News

Vitamin dan Mineral yang Wajib Dikonsumsi Wanita 40 Tahun

Senin, 21 Maret 2022 - 10:46 | 30.01k
Vitamin dan Mineral yang Wajib Dikonsumsi Wanita 40 Tahun
Image: Glutera for Times Indonesia
Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seiring usia, fungsi tubuh akan mengalami penurunan. Makanan saja kadang belum cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Itu sebabnya, ada beberapa vitamin dan mineral yang sebaiknya dikonsumsi saat seorang wanita memasuki usia 40.

Berjalannya usia nyatanya tidak hanya memengaruhi tampilan luar. Sayangnya, organ dan fungsi tubuh Anda mungkin saja mengalami perubahan pula. 

Dibandingkan pria, perubahan wanita ketika memasuki usia 40-an mungkin akan muncul lebih dulu. Perubahan ini bisa saja berdampak pada kesehatannya secara menyeluruh. Itu sebabnya, beberapa wanita mungkin membutuhkan vitamin saat memasuki usia 40 tahun untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatannya.

Glutera-Coll.jpg

Perubahan yang terjadi saat wanita memasuki usia 40 tahun 

Seiring berjalannya waktu, tubuh akan terus mengalami perubahan. Pada wanita, perubahan ini akan lebih cepat muncul dan berpengaruh lebih dulu dibandingkan pria.Beberapa perubahan yang terjadi saat wanita memasuki usia 40 tahun, antara lain:

• Penurunan massa otot

Tubuh manusia terdiri atas lemak, jaringan otot dan organ, tulang, serta air. Mulai di usia 25, jaringan otot dan organ akan mulai mengalami penurunan fungsi. Bahkan mulai 40 tahun ke atas, sebuah penelitian menyebutkan bahwa pada usia yang sama, perempuan mengalami kehilangan massa otot dua kali lebih banyak dibandingkan pria. 

• Kenaikan berat badan

Hal ini masih berhubungan dengan kehilangan massa otot yang dialami oleh perempuan. Otot jauh lebih aktif dalam proses metabolisme. Itu sebabnya, mereka yang berotot umumnya membakar kalori lebih banyak bahkan pada saat istirahat, dibandingkan orang yang memiliki lebih banyak lemak di dalam tubuhnya.Berkurangnya massa otot ini pada akhirnya juga akan menyebabkan para wanita kesulitan mengontrol berat badan.

• Penurunan kepadatan tulang

Tak hanya massa otot, tulang juga mungkin saja mulai kehilangan mineral penyusunnya, seperti kalsium. Akibatnya, kepadatan tulang menurun (osteopenia) dan berisiko menyebabkan osteoporosis (tulang keropos). 

• Hormon estrogen menurun

Menurunnya hormon estrogen pada wanita saat memasuki usia 40 tahun juga turut berkontribusi terhadap pengeroposan tulang.Perubahan-perubahan tersebut tidak mungkin dihindari. Akan tetapi, membekali diri dengan menjalani gaya hidup sehat, seperti makan makanan sehat, berolahraga, dan rutin minum suplemen dapat membantu memperlambat proses penuaan ini.

Glutera-GSHH.jpg

Berbagai vitamin dan mineral untuk wanita usia 40 tahun ke atas

Kekuatan tulang dan sistem imun berhubungan erat. Tulang yang kuat memungkinkan Anda dapat bergerak bebas dan melakukan berbagai aktivitas fisik. Sementara, Harvard Medical School menyebut, aktivitas fisik, seperti olahraga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara umum.Sebaliknya, berolahraga secara rutin, selain meningkatkan sistem imun juga dapat memperkuat tulang dan otot.

Hal ini tentu berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Sayangnya, sistem imun tubuh dan kesehatan tulang dapat menurun seiring Anda memasuki usia 40. Hal ini membuat Anda jadi semakin rentan pada penyakit kronis. Selain, terus menjalankan gaya hidup sehat, Anda mungkin membutuhkan konsumsi vitamin dan mineral untuk wanita usia 40 tahun ke atas untuk menunjang kesehatan.

1. Vitamin A

Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, serta memperkuat daya tahan tubuh. 

2. Vitamin B kompleks

Vitamin B terdiri dari beragam jenis dan masing-masing vitamin tersebut memiliki fungsi tersendiri.
Sebagai contoh, vitamin B1 berfungsi untuk mendukung pertumbuhan jaringan tubuh dan mengubah karbohidrat menjadi energi, vitamin B9 atau folat penting untuk mendukung tumbuh kembang janin serta mencegah cacat bawaan lahir, sedangkan vitamin B6 dan vitamin B12 berperan dalam metabolisme protein, menjaga kesehatan otak dan saraf, serta menghasilkan sel darah merah.

3. Vitamin C

Vitamin C sangatlah berguna, khususnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.Tak hanya itu, vitamin C juga membantu meningkatkan zat kimia otak, yakni norepinephrine untuk membuat Anda lebih waspada dan konsentrasi. Jumlah vitamin C dalam tubuh dapat menurun seiring berjalannya waktu atau ketika Anda mengalami stres.

4. Vitamin D

Berbeda dengan jenis vitamin lainnya, vitamin D dapat diproduksi secara alami oleh tubuh ketika terpapar sinar matahari. Dengan memenuhi asupan vitamin D setiap harinya, kesehatan tulang bisa selalu terjaga dan daya tahan tubuh pun akan lebih kuat. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari sekitar 10–15 menit, setidaknya tiap 2 kali seminggu.

Waktu terbaik untuk berjemur adalah jam 7–10 pagi. Hindari paparan sinar matahari setelah jam tersebut karena dapat menyebabkan masalah pada kulit. Bila akan beraktivitas di luar rumah saat matahari sedang terik, kenakan tabir surya agar kulit Anda tidak terbakar.

Glutera-Noxx.jpg

5. Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang memiliki sifat antioksidan. Berkat sifat antioksidannya, vitamin E bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

6. Zinc

Salah satu mineral penting yang diperlukan tubuh adalah zinc. Sama seperti vitamin, zinc juga tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Zinc bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jaringan tubuh, dan membantu proses penyembuhan luka. Pada anak-anak, zinc berperan penting dalam mendukung tumbuh kembangnya.

7. Selenium

Jenis mineral yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Meski hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil, selenium memiliki manfaat yang besar berkat sifat antioksidan yang dimilikinya.

8. Kalsium

Kalsium juga merupakan salah satu mineral yang penting bagi tubuh. Mineral yang satu ini dikenal berperan penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Asupan kalsium cukup diketahui baik untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Tak hanya itu, kalsium juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung serta memastikan saraf dan otot tubuh bekerja dengan baik.

9. Magnesium

Magnesium memiliki manfaat yang sama seperti kalsium, yaitu menjaga fungsi otot tubuh dan kekuatan tulang, serta memelihara kesehatan jantung. Selain itu, magnesium juga berperan penting dalam sistem metabolisme tubuh.

Selain berbagai macam vitamin dan mineral di atas, masih ada banyak vitamin dan mineral lain yang juga baik untuk kesehatan tubuh, yakni, vitamin K, zat besi, natrium, kalium, dan fosfor. 

Yuk terus jaga kesehatan dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. (*)

Be everlasting with glutera

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Sejumlah Komunitas Bersihkan Alun-Alun Bondowoso, Terkumpul Dua Kuintal Sampah
    Sejumlah Komunitas Bersihkan Alun-Alun Bondowoso, Terkumpul Dua Kuintal Sampah
    26/05/2022 - 20:57
  • Indonesia Ajak Cisco Jaga Ruang Digital Tetap Bersih dan Sehat
    Indonesia Ajak Cisco Jaga Ruang Digital Tetap Bersih dan Sehat
    26/05/2022 - 20:51
  • Menag Yaqut: Ascension Day is the Best Way to Start Living in Harmony
    Menag Yaqut: Ascension Day is the Best Way to Start Living in Harmony
    26/05/2022 - 20:49
  • Kasus PMK Bertambah, Bupati Kediri Lakukan 7 Langkah Pengendalian
    Kasus PMK Bertambah, Bupati Kediri Lakukan 7 Langkah Pengendalian
    26/05/2022 - 20:32
  • Ronaldo Kwateh Jadi Bagian Timnas U-19 di Turnamen Toulon Prancis
    Ronaldo Kwateh Jadi Bagian Timnas U-19 di Turnamen Toulon Prancis
    26/05/2022 - 20:28

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Nawa Cita Ala Kampus untuk Pengentasan Kemiskinan di Indonesia
    Nawa Cita Ala Kampus untuk Pengentasan Kemiskinan di Indonesia
    24/05/2022 - 16:57
  • Gerakan Credit Union: Suatu Upaya Kemandirian Ekonomi
    Gerakan Credit Union: Suatu Upaya Kemandirian Ekonomi
    24/05/2022 - 02:00
  • Tanaman Hias Bukan Sekadar Hiasan
    Tanaman Hias Bukan Sekadar Hiasan
    24/05/2022 - 01:44
  • Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    23/05/2022 - 17:35
  • Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    23/05/2022 - 16:02
  • Upaya Berkelanjutan untuk Maksimalkan Nilai Tambah SDA                                                
    Upaya Berkelanjutan untuk Maksimalkan Nilai Tambah SDA                                                
    21/05/2022 - 10:15
  • Perempuan dan Akses Sumber Daya Alam di NTT
    Perempuan dan Akses Sumber Daya Alam di NTT
    21/05/2022 - 03:38
  • Metropolitan Pesisir Malang
    Metropolitan Pesisir Malang
    20/05/2022 - 12:09

KULINER

  • Nikmati Makanan Indonesia, Mesut Ozil Sebut Pisang Goreng dan Rendang Enak
    Nikmati Makanan Indonesia, Mesut Ozil Sebut Pisang Goreng dan Rendang Enak
    26/05/2022 - 20:13
  • Toast Banana Caramelized, Menu Sarapan Mewah Nan Sehat
    Toast Banana Caramelized, Menu Sarapan Mewah Nan Sehat
    26/05/2022 - 04:29
  • Segarnya Es Leci Yakult Hempaskan Dahaga Seketika, Yuk Bikin!
    Segarnya Es Leci Yakult Hempaskan Dahaga Seketika, Yuk Bikin!
    24/05/2022 - 13:37
  • Resep Mudah Jalakotek Rumahan ala Majalengka
    Resep Mudah Jalakotek Rumahan ala Majalengka
    24/05/2022 - 05:10
  • Sensasi Robusta Premium di KopiKOE Cafe Java Lotus Hotel Jember
    Sensasi Robusta Premium di KopiKOE Cafe Java Lotus Hotel Jember
    23/05/2022 - 16:55