Wisata

Air Terjun Kapas Biru, Panorama Alam yang Tersembunyi

Senin, 21 Maret 2022 - 05:31 | 422.59k
Air Terjun Kapas Biru di Dusun Mulyoharjo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur. (FOTO: Tim explore wisata malang dampit / Defi Sasmita for TIMES Indonesia)
Air Terjun Kapas Biru di Dusun Mulyoharjo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur. (FOTO: Tim explore wisata malang dampit / Defi Sasmita for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Lumajang mempunyai panorama alamnya yang menakjubkan. Berada di lereng Gunung Semeru, membuat kekayaan alamnya melimpah.

Keasriannya masih terjaga Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Lumajang tanpa menyusuri keindahan alamnya. Salah satunya adalah Air Terjun Kapas Biru ini terletak di Dusun Mulyoharjo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur. Sebuah air terjun yang mengalir berhulu lereng Semeru dan berhilir di Samudera Hindia.

Panorama air terjun ini unik, menjulang ke atas tegak di tebing, mengalir ke bawah dengan deras. Konon kata masyarakat sekitar asal mula nama kapas biru pada saat di foto keluar bui-bui yang berwarna putih dan di namakan kapas, sedangkan yang warna biru terlihat dari gradasi percikan putih lembut tepiannya samar berwarna kebiruan. Itulah mengapa air terjun ini diberi nama Air Terjun Kapas Biru. Keindahannya selalu mengobati rasa penasaran para wisatawan.

Air Terjun Kapas Biru atau Coban Kapas Biru merupakan salah satu air terjun yang recommmended untuk dikunjungi. Air Terjun Kapas Biru ini diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Sumber airnya berasal dari aliran anak Sungai Besukbang/Sungai Lengkong yang berhulu di lereng Gunung Semeru.

Kapas-Biru-2.jpg

Air Terjun Kapas biru merupakan salah satu dari banyaknya air terjun yang terbentuk ditepian lembah-lembah curam Sungai Besukbang-Glidik di perbatasan Kabupaten Malang – Kabupaten Lumajang. Tebing – tebing tinggi berwarna coklat kemerahan dengan sisipan lumut hijau serta rimbunnya pepohonanan disekitarnya.

Para traveler/tracker diberi pengarahan sebelum menuju ke lokasi. Hal tersebut dikarenakan tracknya sejauh 1 km yang menguras tenaga dan berjalan di jalan setapak dengan suasana pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Untuk menuju air terjun membutuhkan perjalanannya sekitar 30 menit. Jenis jalan yang harus ditempuh selanjutnya adalah tebing yang curam dengan 45 derajat sudut kemiringan. Bahkan lebih dari itu, pada beberapa bagian yang sangat terjal. Semuanya tersaji jika ingin menikmati keelokan Air Terjun Kapas Biru dan tentunya penuh petualangan.

Rindangnya pepohonan nampaknya menghamburkan lelah saat perjalanan. Tebing yang dibalut rindangnya pepohonan menghalangi teriknya sang surya. Perjalanan akan semakin mengasyikkan jika bercengkerama dan bersenda gurau dengan rekan. Sesekali mengagumi keindahan ciptaan Tuhan. Tentunya menjadi pengalaman menempuh perjalanan sulit yang tak terlupakan.

Air Terjun Kapas Biru salah satu destinasi wisata alam yang banyak dicari traveler. Selain keindahan alam di sekitar air terjun, pengelolaan yang baik dari warga sekitar juga ikut andil dalam kepopuleran air terjun ini. 

Kapas-Biru-3.jpg

Wisatawan yang akan berkunjung ke coban Kapas biru ini ada baiknya untuk mengetahui HTM Kapas Biru. Informasi terbaru bahwa HTM Air Terjun Kapas Biru adalah Rp10.000 per orang . Serta tambahan biaya parkir kendaraan motor sebesar Rp5.000 dan untuk kendaraan mobil sebesar Rp10.000

Seusai menuruni tebing, kita akan dihadapkan dengan aliran sungai yang bersumber dari Air Terjun Kapas Biru. Suasana berbisik pepohonan semakin terasa, memberikan nuansa kesejukan. Sebuah pertanda kamu semakin dekat dengan jatuhnya air di Air Terjun Kapas Biru.

Menjadikanmu semakin tak sabar dan mempercepat langkah untuk segera berjumpa dengan lukisan alam nan indah ini.

Lokasi Air Terjun Kapas Biru sendiri masih sangat asri dan sejuk sehingga dapat digunakan sebagai sarana menghilangkan stress akibat banyaknya kegiatan di kantor dan juga kepadataan yang ada di perkotaan. Sehingga dengan mengunjungi lokasi wisata yang satu ini Pins akan merasa kembali segar dan semangat.

Saat lelah kita bisa duduk santai di beberapa gazebo bambu yang telah disediakan. Bersantai menghabiskan liburan semakin menyenangkan. Terbukti Air Terjun Kapas Biru mampu menghilangkan penat jauh dari perkotaan. Fasilitas yang diberikan juga tergolong lengkap, namun lokasinya berada di dekat parkiran. Mulai dari mushola, toilet telah didirikan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES