Kesehatan

Vaksinasi Difteri Gili Ketapang Probolinggo Capai 3 Ribu Warga

Minggu, 20 Maret 2022 - 15:45 | 85.59k
Vaksinasi difteri di Desa Gili Ketapang Probolinggo. (Foto: Kominfo for TIMES Indonesia)
Vaksinasi difteri di Desa Gili Ketapang Probolinggo. (Foto: Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Vaksinasi massal difteri khusus warga Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih, terus bergulir. Hingga saat ini, ada sekitar 3 ribu warga yang telah menjalani vaksinasi difteri tersebut.

Plt Sekretaris Dinkes Kabupaten Probolinggo, Mujoko mengatakan, hingga saat ini vaksinasi terus digenjot ke seluruh warga Giling Ketapang dengan jumlah populasi 8.268 orang.

Hingga Jum’at (18/3/2022) malam, warga Desa Gili Ketapang yang sudah divaksinasi difteri mencapai 3.300 orang. Sehingga masih ada sekitar 5.000 warga yang masih belum dilakukan vaksinasi dfiteri. 

Rencana awal, vaksinasi itu bisa diselesaikan dalam waktu sepekan. Tetapi faktanya sudah hampir berjalan 10 hari belum juga selesai. Hal ini, menurut Mujoko, perlu penguatan dari lintas sektor.

“Tapi leading sektor dari kecamatan, TNI/Polri dan pemerintah desa harus saling bersinergi agar masyarakat mau datang ke pos-pos yang kita buka atau mau dilakukan imunisasi dengan model door to door,” terangnya, Minggu (20/3/2022).

Ia menjelaskan, harusnya vaksinasi itu bisa selesai dalam beberapa hari. Sebab melihat penduduk dan pemukimannya cukup dekat satu sama lain. Namun, untuk mensukseskan dan mempercepat vaksinasi itu perlu adanya keterlibatan semua pihak.

“Ini perlu penguatan dan dukungan masyarakat. Jika penguatan dan dukungan masyarakat itu tidak bersama-sama tidak akan kuat. Akhirnya ada masyarakat yang mau dan tidak dan sebagainya,” paprnya.

Sekedar informasi, vaksinasi difteri dilakukan setelah salah seorang warga Desa Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo, meninggal dunia akibat penyakit tersebut. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES