Wisata

Pesona Kaki Gunung Rinjani: Desa Sembalun

Minggu, 20 Maret 2022 - 13:43 | 82.34k
Pesona Desa Sembalun (foto:unsplash)
Pesona Desa Sembalun (foto:unsplash)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pulau Lombok memiliki banyak pesona alam yang indah, salah satunya adalah Desa Sembalun yang terletak di kaki Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani sendiri merupakan Gunung tertinggi ke tiga di Indonesia. Jika datang untuk mendaki, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak di Desa Sembalun.

Desa Sembalun merupakan desa yang terletak di kaki Gunung Rinjani dan menjadi salah satu jalur pendakian sebelum mendaki Gunung Rinjani. Dari Kota Mataram, Desa ini dapat ditempuh 2 jam dengan kendaraan pribadi dan sekitar 3,5 jam jika menggunakan kendaraan umum.

Desa sembalun memiliki luas sebesar 217.08 kilometer persegi ini menampilkan panorama perbukitan yang indah dan asri. Karena dikelilingi oleh perbukitan pula, udara di Desa Sembalun menjadi sejuk dan segar. 

Selain menikmati pesona keindahan alam Gunung RInjani dan sekitarnya, banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Desa Sembalun. Mulai dari memetik buah-buahan seperti Stroberi, jeruk, apel hingga sayur-sayuran seperti wortel. tomat, dan kentang. Kegiatan selanjutnya adalah melakukan beberapa olahraga seperti paramotor dan paralayang. 

Jika tertarik dengan aspek budaya, pengunjung dapat mendatangi Desa Sembalun. Di sana terdapat deretan rumah tradisional yang berumur ratusan tahun. Meski begitu, rumah-rumah tersebut masih terawat, namun tidak digunakan sebagai tempat hunian.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES