Glutera News

Orang yang Mengejar dan Menangkap 2 Kelinci, Akan Kehilangan Keduanya

Jumat, 18 Maret 2022 - 11:26 | 384.89k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Orang bijak mengatakan 'Orangyang mengejar dan menangkap 2 kelinci, akan kehilangan keduanya'. Apa maksudnya?

Mari kita bahas kata-kata diatas.

Kebanyakan, orang yang ingin langsung menangkap dua ekor kelinci, tidak dapat menangkap satu ekorpun. Tapi, walaupun begitu, tidak tertutup kemungkinan untuk melakukan hal tersebut. Ini bukan masalah bisa atau tidak, tapi masalah kemampuan. 

Seseorang yang baru mencoba menangkap kelinci atau yang belum lihai, tentunya akan kesulitan menangkap dua ekor kelinci secara sekaligus. Tapi, berbeda dengan orang yang sudah lihai, mungkin dia mampu menangkap dua, tiga, bahkan empat secara sekaligus.

Dalam mengerjakan sesuatu, kita terkadang seperti penangkap kelinci tadi. Dengan tanpa melihat kemampuan diri, kita mengerjakan beberapa hal secara sekaligus. Sehingga, hasilnya justru kurang atau tidak memuaskan. Atau bahkan semuanya menemui kegagalan.

Fenomena ini mudah kita temukan di sekitar kita, betapa orang yang baru memulai usaha seperti berjualan, tetapi langsung mengambil lebih dari satu lini usaha.

Kemampuan dan keterampilan terbatas 

Seorang pengusaha di bidang pendidikan yang memiliki sebuah tempat pendidikan pra sekolah yang termasuk paling bagus di kotanya. Dari tempat yang semula mengontrak, kini sudah memiliki tempat sendiri yang bagus. Dan memiliki fasilitas yang lumayan lengkap. Tapi, masalahnya, ketika dia mencoba ‘menangkap kelinci yang lain’-yang sebenarnya masih juga dalam bidang pendidikan-keuangan perusahaannya timpang. Sehingga mengalami masalah keuangan yang cukup parah.

Ini bukan masalah bisa atau tidak. Tapi masalah kemampuan. Menahan diri untuk melakukan satu hal terlebih dahulu, memungkinkan kita untuk belajar mendalami hal tersebut. Ketika satu hal telah dikuasai, maka salah satu pondasi telah tertanam. Dan ini yang paling penting. Selain itu, juga agar pondasi-pondasi penting lainnya seperti keuangan menjadi kuat.

Fokus

Intinya adalah fokus. Berulang kali, saya mengingatkan kawan yang mencoba berbisnis, untuk memfokuskan diri untuk satu usaha saja serta mendalaminya. Setelah semua dipelajari, yakinlah banyak pintu kesempatan yang tidak terlihat, akan muncul. Ini akan sangat membantu perkembangan usaha.

Energi, Waktu, Hati, dan Keterampilan 

Maka berikan energi, waktu, tenaga, hati dan keterampilan Anda untuk satu aja. Ingat satu aja dulu. Setelah jalan dan mulai besar baru ekspansi. Tergiur untuk keuntungan tapi lemah dalam sistem siap-siap pusing tujuh keliling.

Sekali lagi, kenali diri Anda sendiri. Observasi bisnis yang cocok lalu fokus. Rawat baik-baik setelah tumbuh perbaiki sana-sini, baru lirik yang lain. Itu kalau Anda siap. Jika ga siap, jangan nekad. Pastikan satu kelinci dulu yang dikejar-ditangkap. Godaan kelinci yang lain biarkan bertebaran di depan Anda. (*)

Be Everlasting with Glutera 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES